Bijak Membagi Waktu Kunci Sukses Raih Prestasi


Dian Restu Anggari Peserta Didik SMP Negeri 3 Jombang memperoleh predikat juara pertama di ajang Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) 2018 Kabupaten Jombang cabang Shorinji Kempo.

JOMBANG – Pribahasa Buah Jatuh Tak Jauh Dari Pohonnya sepertinya tepat di lekatkan kepada Peserta Didik SMP Negeri 3 Jombang, Dian Restu Anggari. Menggeluti seni bela diri Shorinji Kempo lantaran terinsprasi dari ayahhnya, seroang anggota Kepolisian Sektor (Polsek) Kota Jombang yang juga jago.

“Mulanya memang biasa saja, tidak ada niatan mendalaminya. Berjalannya waktu akibat kerap ikut mengantar kakak ke tempat latihan bela diri Shorinji Kempo dan melihat beberapa teknik bantingan, lama-kelamaan secara tidak sadar sejumlah gerakan melekat di ingatan lalu sesekali menirukannya di rumah. Satu kesempatan ketika melintas ayah melihat secara langsung, kemudian selang beberapa waktu memberikan tawaran guna diikutkan dengan sebuah klub. Secara spontan juga menerima tanpa ragu,” papar peserta didik yang bercita-cita menjadi polisi wanita tersebut.

Shorinji Kempo, tambah peserta didik tiga bersaudara ini, sebenarnya bukan asli Indonesia tetapi dari Jepang yang lebih fokus pada gerak tangan. Tingkat kesulitan setiap teknik justru memberikan keseruan tersendiri bagi setiap penikmatnya, karena belum tentu didapatkan di cabang bela diri lainnya.




Dian Restu Anggraini menambahkan, “Walaupun sangat menyukai bela diri, orang tua selalu berpesan agar menjadikan pendidikan sebagai prioritas utama. Jangan sampai kesibukan nonakademik mengganggu dan mempengaruhi proses pembelajaran di sekolah, akan lebih baik apabila dapat berprestasi secara berimbang.”

Pernyataan itu pun diamini secara langsung oleh peserta didik yang sedang duduk di kelas delapan tersebut. Sesibuk apapun kegiatan di dojo (tempat latihan atau pertandingan) dalam menghadapi perlombaan tertentu tetap harus menyesuaikan jadwal pembelajaran di sekolah, bukan sebaliknya. Bahkan di balik ketangguhannya di arena pertandingan, Dian Restu Anggraini juga mengikuti ekstrakurikuler yang bertolak belakang yakni Kasidah dan Albanjari sehingga harus benar-benar mengatur waktunya sebaik mungkin.

Meskipun keseharian padat akan kegiatan dengan pembagian waktu secara baik antara sekolah dan kegemarannya di bidang bela diri mampu mengantarkan peserta didik yang mahir memainkan gitar ini mendapatkan sejumlah prestasi membanggakan. Terbaru yakni kesuksesan memperoleh predikat juara pertama di ajang Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) 2018 Kabupaten Jombang cabang Shorinji Kempo. 
n fakhruddin

No comments

Powered by Blogger.