Kolosal Tari Kelono Sewu


Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab yang di dapuk membuka acara dalam sambuatannya sangat mengapresiasi kegiatan dengan melibatkan ribuan peserta didik dan guru pendamping. Harapannya generasi muda Kota Santri mengetahui kekayaan budaya di tanah kelahirannya dan melestarikan.

JOMBANG – Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang menyelenggarakan kolosal Tari Kelono Sewu di Aloon-Aloon Jombang pada Jumat (6/9) diikuti lebih kurang 1.000 penari dari peserta didik SMP/MTs/SMA/SMK dan MA Se Kabupaten Jombang. Dijelaskan oleh Kepala Disdikbud Kabupaten Jombang, drg Budi Nugroho, MPPM bahwa sebelumnya semua penari telah mengikuti workshop Tari Kelono Sewu yang merupakan bagian dari Tari Wayang Topeng Jatiduwur sekaligus pembuatan topeng dari material lokal.


Baca Juga :
Gudang Goni Rupa Perlawanan

Menurutnya yang melatarbelakangi kegiatan ini karena Tari Wayang Topeng Jatiduwur telah berhasil ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Warisan Budaya Tak Benda. Demikian guna mewarnai agenda pariwisata Bulan Berkunjung ke Jombang.

Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab yang di dapuk membuka acara dalam sambuatannya sangat mengapresiasi kegiatan dengan melibatkan ribuan peserta didik dan guru pendamping. Harapannya generasi muda Kota Santri mengetahui kekayaan budaya di tanah kelahirannya dan melestarikan. Jangan sampai seiring perkembangan zaman tarian yang diciptakan oleh Ki Purwo ini tergusur hingga punah. rahmat sularso nh.

No comments

Powered by Blogger.