Mengembangkan Potensi Peserta Didik


Rono Ismanu menilai bahwa kompetisi perlu untuk sesekali diadakan agar peserta didik bisa mengukur kemampuannya. Dengan begitu diharapkan peserta didik akan semakin termotivasi untuk mengembangkan bakat serta potensi yang dimiliki. 

JOMBANG – Sekolah tidak hanya menjadi tempat untuk belajar melainkan juga bisa sekaligus mengembangkan potensi peserta didik. Dukungan dari guru juga kepala sekolah tentu sangat diperlukan guna mendorong pemaksimalan potensi yang dimiliki oleh peserta didik.

Hal tersebut yang nampaknya disadari oleh para guru dan Kepala SDN Tunggorono I, Jombang. Berawal dari keberhasilan salah satu peserta didiknya yang mampu berprestasi di ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat kabupaten cabang lomba melukis, pihak sekolah kemudian mengadakan kegiatan melukis sebagai tambahan kegiatan ekstrakurikuler. Setiap minggu peserta didik yang berminat untuk mengembangkan diri di dunia lukis akan diajari oleh guru kesenian yang sekaligus ditunjuk sebagai pelatih dan pembina ekstrakurikuler lukis.


Baca Juga : Orientasi Teknis (Ortek) Kader Taman Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Penguatan Para Kader

Selanjutnya sebagai tindak lanjut dan pengembangan kegiatan ekstrakurikuler lukis yang sudah berjalan lancar, pada Kamis (29/8) pihak SDN Tunggorono I mengadakan Lomba Mewarnai dan Melukis. Diikuti oleh hampir seluruh peserta didik dari seluruh jenjang kelas acara berlangsung lancar dan meriah.

“Dalam pelaksanaannya, peserta didik dibagi menjadi dalam tiga kategori. Kategori A untuk kelas III dan IV mengambil tema Kerja Bakti, kategori B untuk kelas V dan VI mengambil tema Kebudayaan. Sementara untuk kelas I dan II masuk dalam kategori khusus yakni mewarnai, tidak sampai pada tahap melukis,” terang Kepala SDN Tunggorono I, Rono Ismanu, S.Pd., M.MPd.

Pria 57 tahun ini menambahkan bahwa kegiatan lomba ini juga sekaligus menjadi ajang apresiasi kreativitas peserta didik. Ilmu yang didapat saat pembinaan esktrakurikuler bisa diaplikasikan dengan semaksimal mungkin.


Rono Ismanu juga menilai bahwa kompetisi perlu untuk sesekali diadakan agar peserta didik bisa mengukur kemampuannya. Dengan begitu diharapkan peserta didik akan semakin termotivasi untuk mengembangkan bakat serta potensi yang dimiliki. Selain itu kesiapan mental mereka dalam menghadapi suasana kompetisi bisa lebih terasah. Sehingga kedepannya ketika ada seleksi atau kompetesi yang berhubungan dengan melukis mereka sudah siap.

Pengawas SD Gugus VI Kecamatan Jombang, Drs. Chotib Subagyo, M.MPd yang turut hadir untuk melihat pelaksanaan kegiatan, mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh pihak SDN Tunggorono I. Menurutnya kegiatan semacam ini bisa menjadi contoh bagi lembaga lain agar tidak perlu takut dalam mengadakan kegiatan apalagi untuk pengembangan bakat, minat serta potensi peserta didik.

“Jika keluhan yang menjadi kendala adalah masalah keuangan, menjalin kerja sama dengan pihak lain sebagai sponsor pendukung acara bisa menjadi salah satu jalan keluar yang bisa dilakukan. Hal yang menjadi tantangan bagi setiap kepala sekolah apakah mampu mengoptimalkan kemampuan manajemen sekolahnya atau tidak,” ucap Chotib Subagyo. fitrotul aini

 
Daftar Juara Lomba Mewarnai dan Melukis SDN Tunggorono I


Lomba mewarnai kelas I dan II :

Juara 1 : Danish Pranatha

Juara 2 : Vanesa Aprilia Wibowo

Juara 3 : Zihana Aminatus Wibowo.

Juara Harapan 1 : Santhi Dwi K

Juara Harapan 2 : Afdal Hakim

Juara Harapan 3 : Dafa Aiqilah


Kategori A (kelas III dan IV. Tema : Kerja Bakti) :

Juara 1 : Syafinatun Najjah

Juara 2 : Adelia Ayu Putri

Juara 3 : Frisca Nafratilone

Juara Harapan 1 : Siska Amalia

Juara Harapan 2 : Yasmine Oktarina

Juara Harapan 3 : David Nanda Ikromi


Kategori B (kelas V dan VI. Tema : Kebudayaan) :

Juara 1 : Novita Anggraini

Juara 2 : Abidah Jasmine Abidah Putri K

Juara 3 : Salwa Na'illah Mas'udiyah

Juara Harapan 1 : Nathasa Cantika Putri

Juara Harapan 2 : M. Febri Ferdiansya

Juara Harapan 3 : M. Risky Ardiansyah

No comments

Powered by Blogger.