Melejit Prestasi Bernyanyi dan Belajar

Keberhasilannya dalam meraih juara dibidang tarik suara bukan didapatkannya dengan cara yang mudah, tetapi gadis berumur 14 tahun itu berjuang keras dan tanpa ada kata menyerah. 

TEMBELANG, MSP – Sharla Martiza. Demikian nama lengkap penyanyi muda, penuh prestasi yang dalam kurun waktu kurang lebih dua bulan terakhir ini mampu mempesona publik dalam negeri dengan lantunan lagu yang dinyanyikannya. Kiprah Sharla Martiza di belantika musik Indonesia memang terbilang masih terbilang sangat baru. Namun, suara merdu dan berciri khasnya sulit disangkal bahwa memang betapa indah didengar.

Kemunculan Sharla Martiza berawal dari dirinya yang mengikuti acara di salah satu televisi yang berjudul The Voice Kids season 2. Setelah mengikuti kompetensi yang cukup kuat akhirnya gadis muda kelahiran Jombang ini menyabet juara pertama delam ajang pencarian bakat tersebut. Gadis yang mendapat julukan Srikandi Jombang itu sempat menghebohkan jagat maya sejak penampilan pertamanya karena disela tahap audisi melantunkan.

Keberhasilannya dalam meraih juara dibidang tarik suara bukan didapatkannya dengan cara yang mudah, tetapi gadis berumur 14 tahun itu berjuang keras dan tanpa ada kata menyerah. Untuk mempersiapkan dirinya dalam ajang bergengsi yang ia ikuti, ia mempersiapkan dengan matang. Selain menjaga kesehatannya, olah vokal juga ia latih sejak jauh-jauh hari.

“Sejak delapan bulan yang lalu saya mulai mengikuti kursus musik. Sebelum mengikuti kursus saya sudah bisa beberapa teknik genre musik seperti keroncong, pop jezz dan klasik. Tetapi setelah kursus, saya iarahkan ke pop jazz karena suara saya dominan disitu,” ujar Sharla Martiza ketika ditemui di rumahnya.

Siapa sangka, bakat menyanyi gadis yang kerap disapa Sharla ini sudah nampak sejak dirinya menempuh pendidika di play group. Bakat seni yang diturunkan sang ibu yang juga sebagai salah satu anggota paduan suara membuat Sharla Martiza gemar menyanyi. Sharla menceritakan bahwa sebelumnya ia tidak dapat bernyayi. Namun ketika salah seorang guru Taman Pendidikan Alquran (TPQ) mengarahkannya untuk belajar menyanyi kasidah ia mulai tertarik dan belajar menyanyi.

“Alhamdulillah sejak saat itu saya mulai belajar bernyanyi didampingi guru TPQ dan ibu saya. Sehari-hari saya belajar sedikit demi sedikit di rumah. Mulai saat itu saya bisa bernyanyi meski belum bagus,” kata gadis yang bercita-cita menjadi seorang akuntan ini.

Seiring bertambah usianya, vokal Sharla semakin matang dan ia menjadi salah satu personil grup shalawat di desanya yang bernama ‘Bahjatul Qolbi’. Disilah Sharla mulai tertarik dengan musik kasidah atau musik bergenre Arabia. Kecintaannya dengan musik kasidah membuat Sharla Martiza telah menghafal banyak lagu dari Timur Tengah tersebut.



Peserta didik yang duduk di kelas IX di SMP Negeri 1 Tembelang itu mengatakan, “Saya tertarik dengan musik kasidah sebab menurut genre musik padang pasir ini memiliki kekhasan ketika menyanyi. Selain itu syair lagu kasidah menceritakan keagungan Allah, kebesaran Rasul-Nya, ajakan beramal, serta anjuran untuk menjalankan perintah Allah, dan menjauhi larangan-Nya.”

Tidak hanya suaranya saja yang merdu dan indah. Didalam dunia pendidikannya pun Sharla Martiza juga terbilang gadis yang pintar. Dibuktikan dengan selalu mendapatkan rangking tiap menyudahi pembelajaran di tiap semester, dari Sekolah Dasar sampai saat ini di Sekolah Menegah Pertama.

Ibunda Sharla, Ema Fitriasari mejelaskan, “Sejak SD ia (Sharla) selalu mendapatkan rangking. Meski tidak melulu mendapatkan rangking pertama, tetapi masih dalam tiga besar. Kelas VII semester satu mendapatkan peringkat 4, semester dua peringkat 3. Alhamdulillah meningkat terus. Dan kelas IIX mendapat peringkat 2.”

Selain belajar vokal, lanjut Ema Fitriasari, Sharla Martiza sangat rajin dalam belajar. Seperti saja waktu mengikuti audisi kemarin, ia juga membawa buku pelajarannya. Sampai ia takut bahwa di kelas IX ini nilainya bakalan turun karena tidak mengikuti ujian semester yang bertepatan dengan audisinya.

“Tetapi dengan dorongan dan semangat dari para guru, akhirnya Sharla Martiza kembali mendapat kepercayaannya lagi,” kata Ema Fitriasari.



Sharla Martiza berpesan jika ingin sukses dalam segala hal harus selalu percaya diri dan yakin dalam melakukan apapun yang diinginkan. Jangan setengah-setengah. Selain itu juga usaha optimal dan jangan lupa berdoa agar dimudahkan oleh Allah SWT. ■ aditya eko