Terbaik Cepat Layani Masyarakat


Selain dari penilaian Humas Kanwil di Surabaya, kantor KP2KP Kabupaten Jombang juga unggul dari angka kepuasan laporan pelayanan dari masyarakat setiap tahunnya.

JOMBANG, MSP –
Berbagai penghargaan sukses diperoleh Kabupaten Jombang selama tahun 2017, mulai dari Adipura Kencana hingga Kabupaten Sehat tipe Swasti Saba Wiwerda (pembinaan) dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Terbaru, Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Kabupaten Jombang mendapatkan penghargaan ‘Best KP2KP 2017’ se Kantor Wilayah (Kanwil) Jawa Timur 2.

Penghargaan tersebut bisa didapat karena KP2KP Kabupaten Jombang dinilai mampu memberikan pelayanan serta penyuluhan secara optimal dan cepat. Hal tersebut ditunjang oleh jumlah karyawan yang memadai, ditambah kompetensi mereka juga merata. Sehingga pelayanan bisa berjalan cepat sesuai prosedur.

Kepala KP2KP Kabupaten Jombang, Chandra Hadi, S.E. menuturkan, “Sebenarnya ketika diundang pada acara penghargaan tersebut, pihak kami tidak tahu menahu apabila kita yang menjadi pemenangnya. Sebab penilaian pada pemberian penghargaan di setiap tahunnya berjalan secara online dan sesuai track record masing-masing kantor. Sehingga kriteria tertentu apa saja semua kantor KP2KP tidak tahu menahu.”

Kegiatan penghargaan dilakukan pada hari Senin (27/11) di salah satu hotel di Surabaya. KP2KP Kabupaten Jombang sendiri berhasil mengungguli lima kantor perpajakan serupa yang tergabung dalam Kanwil 2 Jawa Timur seperti, Caruban, Magetan, Pacitan, Sumenep dan Sampang.

Perolehan penghargaan juga tidak lepas dari uji coba KP2KP Kabupaten Jombang sebagai Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Mikro. Ditunjuknya Jombang sebagai KPP Mikro sendiri berlatar dari perkembangan perekonomian masyarakat yang begitu cepat. Sehingga pada ajang penghargaan tersebut, tidak disangka juga pada tahun 2018 mendatang Kabupaten Jombang akan diwacanakan untuk dinaikkan statusya dari KPP Mikro menjadi KPP Pratama. Di mana posisinya sejajar dengan perkotaan besar lainnya seperti kota tetangga, Mojokerto.

KP2KP Kabupaten Jombang sebenarnya merupakan kantor pelayanan pajak yang menjalankan tugas dan fungsi KPP Pratama dengan pengaturan organisasi serta tata kerja tertentu dari KPP Pratama Mojokerto.

“Saya pun tidak menyangka, atas prestasi yang telah kami raih. Selama dua bulan kepindahan saya di sini mulanya kantor ini hanya memiliki karyawan sebanyak 4 orang, akhirnya mendapatkan tambahan 11 karyawan. Membuat proses operasional semakin lancar dan masyarakat terpuaskan akan pelayanan kantor pajak kami,” ungkap Chandra ketika ditemui di kantornya.

Selain dari penilaian Humas Kanwil di Surabaya, kantor KP2KP Kabupaten Jombang juga unggul dari angka kepuasan laporan pelayanan dari masyarakat setiap tahunnya. Semua masyarakat memberikan respon sangat positif, mulai dari antrian hingga perputaran pelayanan di dalam kantor. Sehingga tidak menimbulkan penumpukan antrian seperti beberapa kantor lain.

Prestasi KP2KP juga tidak lepas dari tingkat kecepatan pelayanan setiap pelanggan, setidaknya waktu yang dibutuhkan untuk melayani seorang pelanggan hanya empat menit saja. Setiap bulannya pun selalu mengalami peningkatan dalam pembayarannya. Sehingga KP2KP Jombang masuk dalam sepuluh besar terbaik se Indonesia.

“Dari penghargaan ini, kami akan terus berbenah dan bergerak dalam memberikan pelayanan secara optimal kepada masyarakat Jombang. Karena kepuasan masyarakat merupakan puncak perolehan kami,” tutup pria berkumis tersebut. ■ fakhruddin