Penjaminan mutu tujuannya adalah untuk memenuhi ketetapan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Sedangkan dalam peningkatan mutu pendidikan, setiap satuan pendidikan harus melakukan pendekatan dengan melibatkan seluruh komponen lembaga.

JOMBANG, MSP – Mengacu pada sistem pendidikan nasional dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, menerangkan bahwa keseluruhan komponen pendidikan saling terkait secara terpadu untuk mencapai tujuan pendidikan, yaitu mengembangkan kemampuan serta mutu kehidupan dan martabat kehidupan manusia. Mewajibkan setiap satuan pendidikan formal maupun nonformal melakukan penjaminan mutu pendidikan, sesuai amanat Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005.

Penjaminan mutu sendiri tujuannya adalah untuk memenuhi ketetapan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Sedangkan dalam peningkatan mutu pendidikan, setiap satuan pendidikan harus melakukan pendekatan dengan melibatkan seluruh komponen lembaga. Agar proses penjaminan mutu bisa berjalan lancar hingga merata ke segala lapisan, pengelolaan pendidikan telah dikembangkan dalam sistem penjaminan mutu pendidikan yang terdiri dari Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME).

Seksi Kurikulum Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang, Drs. Mohammad Iskak, M.Si. menjelaskan, ”SPMI merupakan suatu sistem penjamin mutu yang berjalan di dalam satuan pendidikan dan dijalankan oleh seluruh komponen satuan pendidikan.”

Agar pelaksanaan SPMI dapat dilaksanakan setiap lembaga satuan pendidikan, sistem ini perlu dikembangkan oleh satuan pendidikan yang akan menjadi model penerapan penjaminan mutu pendidikan secara mandiri. Sehingga sekolah tersebut bisa disebut sebagai sekolah model.

Satuan pendidikan yang ditunjuk sebagai sekolah model merupakan suatu gambaran atau contoh bagi sekolah lain dan secara tidak langsung mengakibatkan pengimbasan secara merata kepada seluruh lembaga di daerah tersebut. Sekolah model akan mendapatkan pembinaan dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) lalu melakukan penularan kepada sekolah lain atau disebut juga pengimbasan.

Untuk menjadi sekolah model, Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang mengajukan rekomendasi sejumlah sekolah yang belum memenuhi SNP kepada LPMP. Selain itu sekolah tersebut harus bersedia untuk berkomitmen dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dan juga harus mendapatkan dukungan pemerintah daerah.

Setelah ditunjuk beberapa lembaga sebagai sekolah model, maka selanjutnya akan dilakukan pendampingan serta bimbingan dari Fasilitator Daerah (Fasda) SPMI 2017. Selain sekolah model dari LPMP, Dinas Pendidikan juga melakukan pembinaan secara mandiri. Karena pembinaan yang dilakukan LPMP belum mencakup seluruh kecamatan di Kabupaten Jombang.

“Kami mendata kembali kecamatan mana yang belum ada perwakilan dalam pembinaan sekolah model LPMP. Selanjutnya kami akan lakukan pembinaan seperti LPMP, agar seluruh kecamatan bisa melakukan pengimbasan ke sekolah-sekolah lain di daerah itu,” tambah pria berkacamata tersebut.

Mohammad Iskak menambahkan, di Jombang program ini dimulai tahun 2017 ini dan secara langsung SDN Kepanjen 2 Jombang ditunjuk menjadi rujukan sekolah model pertama. Sebab, sekolah yang berada di tengah kota itu menjadi satu-satunya sekolah yang dipilih serta dibina langsung oleh kementerian, karena sekolah telah mampu menjalankan sistem manajemen dan pembelajaran di sekolahnya dengan tata kelola seperti tata peraturan dan perudangan yang berlaku. fakhruddin



DAFTAR SEKOLAH MODEL dan IMBAS LPMP

Sekolah Model
Sekolah Imbas
No.
Nama Sekolah
No.
Nama Sekolah
1
SDN Rejoagung Ploso
1
SDN Ploso


2
SDN Losari 1
3
SDN Bawangan 2
4
SDN Kedungdowo
5
SDN Pandanblole
2
SDN Pandanwangi 1 Diwek
1
SDN Ngudirejo 1


2
SDN Balongbesuk 1
3
SDN Balongbesuk 2
4
SDN Brambang
5
SDN Jatipelem 1
3
SDN Blimbing Gudo
1
SDN Sukoiber 1


2
SDN Sukoiber 2
3
SDN Sepanyul
4
SDN Mentaos
5
SDN Japanan 1
4
SDN Mojotrisno Mojoagung
1
SDN Miangan


2
SDN Dukuhmojo 1
3
SDN Dukuhmojo 2
4
SDN Tanggalrejo
5
SDN Kedunglumpang
5
SDN Tampingmojo Tembelang
1
SDN Mojokrapak 2


2
SDN Pesantren
3
SDN Kalikejambon
4
SDN Kedunglosari 1
5
SDN Mojokrapak 2
6
SDN Segodorejo Sumobito
1
SDN Sumobito 1


2
SDN Sumobito 3
3
SDN Kedungpapar
4
SDN Brudu
5
SDN Palrejo
7
SDN Curahmalang 2 Sumobito
1
SDN Curahmalang 1


2
SDN Curahmalang 3
3
SDN Madiopuro
4
SDN Talunkidul 1
5
SDN Talunkidul 2
8
SDN Gadingmangu 2 Perak
1
SDN Gadingmangu 1


2
SDN Kalangsemanding
3
SDN Perak 1
4
SDN Perak 2
5
SDN Sembung
9
SDN Mancar 1 Peterongan
1
SDN Peterongan 1


2
SDN Peterongan 2
3
SDN Keplaksari
4
SDN Kepuhkembeng 3
5
SDN Kepuhkembeng 1
10
SDN Bareng 3 Bareng
1
SDN Bareng 2


2
SDN Mojotengah 2
3
SDN Tebel 2
4
SDN Mundusewu 1
5
SDN Mundusewu 3

Sekolah Model Binaan Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang

No
Nama Sekolah
1
SDN Karangpakis 2 Kabuh
2
SDN Bangsri Plandaan
3
SDN Gondangmanis Bandar Kedungmulyo
4
SDN Wonosalam 1 Wonosalam
5
SDN Sumbermulyo 1 Jogoroto
6
SDN Banyuarang 1 Ngoro
7
SDN Sumber Teguh Kudu
8
SDN Menganto Mojowarno
9
SDN Jombang 2
10
SDN Wuluh 1 Kesamben
11
SDN Sumbernongko Ngusikan
12
SDN Kedungrejo Megaluh



Lebih baru Lebih lama