Game yang dikompetisikan adalah permainan berkarakter pewayangan yang dilakoni oleh Gatot Kaca, karena terdapat ketentuan mengandung budaya sekitar.

JOMBANG, MSP – Membuka pintu keberuntungannya seorang pria M. Janjiharyono, S.Pd guru SDN Dapurkejambon 3 Jombang merebut Juara I pada ajang Lomba Pembuatan Game Edukasi jenjang Guru SD/MI. Berkat mengembangkan imajinasinya yang liar ketika pukul malam hingga dini hari, meraba mengenal game saat mengikuti diklat game online di Jakarta naungan Kemendikbud dan lolos. Dirinya mengaku kesulitan meralisasikan ide melalui bahasa pemograman, beragam pembaruan referensi game online. Menjadi hal yang tekun diteliti serta belajar melalui ahli dari teman satu organisasinya, baik dari IGI (Ikatan Guru Indonesia) Kabupaten Jombang, gamer, desainer game animasi dan guru SMK.

Game yang dikompetisikan adalah permainan berkarakter pewayangan yang dilakoni oleh Gatot Kaca, karena terdapat ketentuan mengandung budaya sekitar. Prosedur permainan seperti permainan mario. Terdapat narasi yang sederhana menggunakan bahasa anak dengan bunyi, “Suatu saat Gatot Kaca bertapa di gunung cakradimuka, kemudian mendapat ilham dan petunjuk dari maha guru aljabar setelah itu mendapatkan ilmu wilangan. Menyempurnakan ilmunya, Gatot Kaca disuruh mengembara di gunung jilnap (ganjil genap) untuk mencari tebaran bola sebanyak-banyaknya. Namun terdapat banyak musuh yang menghalangi, untuk itu bantu Gatot Kaca dengan memainkan game ini.”

Pria asal Desa Jati Wates, Tembelang ini menjelaskan, “Saya memilih aktor figur jawa atau dari film cartoon yang disukai peserta didik saat ini sehingga saya juga terus memperbaharui dengan selalu bertanya kepada peserta didik figur game atau juga film apa yang terbaru. saya berjanji akan besarkan profesi guru dengan membanggakan pendidikan melalui cara digital.” 
n chicilia risca
Lebih baru Lebih lama