Metode MGM dan Hypnoteaching, pada pertemuan kali ini IGI Kabupaten Jombang mengajak peserta pelatihan untuk bergabung dan bersama saling berkontribusi memajukan dunia pendidikan.

JOMBANG, MSP - Demi meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah, Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Jombang mengadakan pelatihan Mengajar Gaya Motivator (MGM) dan Hypnoteaching bersama narasumber Aris Ahmad Jaya DVM., MM.

Bertempat di Aula Bung Tomo Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang, acara yang berlangsung pada hari Minggu (14/1) dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang drg. Budi Nugroho MPPM. dan diikuti oleh 158 guru Se Jawa Timur.

"Dari acara ini, diharapkan bisa membangun pondasi guru-guru dalam menyampaikan informasi ataupun pengetahuan kepada peserta didik dengan metode yang menyenangkan," jelas Ketua IGI Kabupaten Jombang, Samsul HS, S.Pd., M.Pd.

Menggunakan metode MGM dan Hypnoteaching yang disampaikan narasumber, proses pembelajaran bisa berjalan menyenangkan. Akhirnya seorang guru bisa menjadi teman bagi peserta didik, sangat berguna menghilangkan sosok figur pendidik yang selama ini terkesan galak ataupun monoton saat pembelajaran.

Hal tersebut tergambarkan ketika salah satu pendidik yang sukses menerapkan cara MGM dan Hypnoteaching saat pembelajaran, Nur Hasanah, mempraktikkan secara langsung di depan peserta pelatihan. Semua peserta terlihat begitu tertarik sekaligus terhibur dengan gaya mengajar seperti ini.

Peserta didik sendiri sebenarnya idealnya hanya bisa bertahan selama 20 menit untuk fokus duduk menerima pembelajaran di dalam kelas. Selebihnya bila guru tidak bisa menciptakan suasana kelas yang aktif, maka proses pembelajaran semakin tidak efektif. Terpenting disetiap memulai pertemuan harus membuka pembelajaran dengan sugesti positif, agar peserta didik semakin bersemangat dan optimis bahwa pribadi masing-masing mampu menerima pelajaran dengan baik.

Aris Ahmad Jaya menambahkan, "Semua guru pasti bisa melakukan hal tersebut, hanya saja harus dimulai dengan kemauan. Ketika sudah ada kemauan, kemudian guru tinggal mencari kunci dari sebuah metode apa yang akan digunakan. Apabila sudah ditemukan kuncinya, pendidik akan dimudahkan dalam memberikan setiap pembelajaran."

Selain pengenalan metode MGM dan Hypnoteaching, pada pertemuan kali ini IGI Kabupaten Jombang mengajak peserta pelatihan untuk bergabung dan bersama saling berkontribusi memajukan dunia pendidikan. Semakin banyak anggota, semakin banyak pula ide-ide kreatif yang akan muncul. fakhruddin
Lebih baru Lebih lama