Sebagai guru yang secara otodidak belajar TIK, dirinya sangat bersahabat dengan era digital. Hingga mampu memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi sebagai media dan metode alternatif untuk memperkaya teknik guru mengajar.

JOMBANG, MSP – Kabupaten Jombang patut berbangga dengan bibit unggul dari bidang pendidikan. Dalam Olimpiade Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) 2017 wakil dari Jombang mendapat juara II.

Bersaing dengan 19 peserta lomba dari perwakilan kabupaten kota di Provinsi Jawa Timur.Guru SDN Kepanjen 2 Jombang, Sodi Akbar meraih Juara II untuk lomba Web Pembelajaran jenjang Guru SD/MI tingkat Provinsi Jawa Timur 2017.

Direncanakan 7 hari menjelang kompetisi, guru kelas VI ini mengaku optimal dengan bahan konten proses pembelajaran yang sudah diterapkan sebelumnya. Terdapat media berbasis flash pembelajaran untuk kelas IV dan video pembelajaran bagi kelas V kemudian aplikasi berbasis adroid disajikan untuk kelas VI dengan keseluruhan karya pribadi.

“Kesulitan yang saya alami ialah kurang banyaknya pilihan konten yang saya sediakan, Dukungan pendidikan melalui sarana yang disediakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang melalui 25 laptop bagi peserta didik, maka bagaimana cara mengaplikasikannya ke peserta didik. Tantangan yang dihadapi saat menerapkan proses pembelajaran elektronik kepada peserta didik saya, bagaimana mengkondisikan bawasannya gawai dan juga komputer atau laptop tidak hanya digunakan sebagai hiburan namun bisa dipergunakan proses pembelajaran dan memperkaya ilmu pengetahuan,” ungkap pria yang baru 3 bulan pindah tugas mengajar ini.

Otodidak

Sebagai guru yang secara otodidak belajar TIK, dirinya sangat bersahabat dengan era digital. Hingga mampu memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi sebagai media dan metode alternatif untuk memperkaya teknik guru mengajar. Sehingga tidak selalu menggunakan metode ceramah, sesekali diberikan hal yang terdekat dengan mereka saat ini. Tidak terbatas menggunakan media sosial untuk berbalas pesan teman namun terdapat nilai pendidikan yang menarik serta menyenangkan.

Pencapaian yang saat ini ingin diraihnya adalah perbaikan kemampuan pribadi sebagai seorang guru.

“Fokus saya memperbanyak karya blog metode pembelajaran dan juga aplikasi dengan beragam pilihan dari inovasi. Jika terdapat kesempatan mengikuti kompetisi yang sama akan juga berpartisipasi,” ujar Sodi Akbar chicilia risca
Lebih baru Lebih lama