Berkat jasa Kartini mendobrak tradisi nasib perempuan kala itu yang terbelenggu oleh adat istiadat, akhirnya bisa mendapatkan kesetaraan serta kesempatan yang sama untuk melakukan berbagai hal. 

JOMBANG, MSP –
April menjadi bulan penting bagi perempuan Indonesia. Pasalnya di bulan ini, lahir salah satu tokoh hebat yang mengubah nasib kaum mama, ia adalah Raden Ajeng (R.A) Kartini. Berkat jasa Kartini mendobrak tradisi nasib perempuan kala itu yang terbelenggu oleh adat istiadat, akhirnya bisa mendapatkan kesetaraan serta kesempatan yang sama untuk melakukan berbagai hal.

Untuk melekatkan terus-menerus jasa pahlawan kelahiran Jepara, Jawa Tengan itu, Dharma Wanita Pendidikan (DWP) Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Kecamatan Jombang mengadakan peringatan Hari Kartini yang diadakan pada Selasa (10/4). Mengangkat tema “Meningkatkan Kualitas Pemberdayaan Perempuan dengan Semangat Kartini” diharapkan para perempuan dapat meningkatkan kualitas dengan memunculkan potensi diri yang dimiliki serta lebih berdaya.

Ketua DWP UPTD Pendidikan Kecamatan Jombang, Rochani Susianto mengatakan, “Semoga kegiatan yang dilaksanakan kali ini dapat mendorong anggota DWP UPTD Pendidikan Kecamatan Jombang untuk lebih maju lagi. Potensi terpendam yang dimiliki para anggota juga dapat muncul.”

Acara yang digelar di halaman dan ruang gedung Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Jombang ini diisi dengan lomba menghias tumpeng dan keserasian pakaian. Lomba menghias tumpeng dipilih karena tumpeng merupakan masakan tradisional yang memiliki nilai filosofi, falsafah, dan nilai tersendiri.



Menurut Nanik Indarti, salah satu tim juri lomba tumpeng di dalam tumpeng standar selain nasi yang biasanya dari nasi yang diolah menggunakan kunyit serta dibentuk menggunung juga harus ada kelengkapan lauk pauk seperti ingkung yakni ayam dimasak opor atau digoreng, perkedel, dadar goreng rawis, sambal goreng basah atau kering yang dapat diganti dengan abon, emping atau kerupuk udang, serta hiasan lain guna semakin mempercantik penampilan. Dari 28 peserta, Gugus I TK Kecamatan Jombang berhasil mengungguli peserta lain dengan keluar menjadi juara I. Juara II diraih oleh Desa Jombatan, dan juara III diraih Desa Denanyar.

Sementara itu pada Jumat (20/4) DWP Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang juga menggelar peringatan Hari Kartini. Bertempat di Aula 1 Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang seluruh anggota DWP Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang mengenakan setelan kebaya laiknya perempuan di zaman Kartini.

“Namun sebagai perempuan yang hidup di zaman sekarang, kita harus menjadi Kartini modern yang mampu menunjukkan kecantikan baik dari luar maupun dari dalam. Tampil menjadi sesosok yang cantik, mandiri, elegan, sukses dan sholehah. Selalu bersemangat juga dalam menjalankan berbagai macam peran baik dalam keluarga, masyarakat, agama, bahkan negara,” pesan Ketua DWP Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang, Nora Budi Nugroho dalam sambutannya.

Pada kesempatan tersebut, dihadirkan Phrisqilla Ayu Intania dari DEPE Profesional Make Up Artist untuk memberikan beauty class kepada seluruh anggota DWP yang hadir. Beauty class yang diberikan adalah langkah-langkah berdandan untuk menghadiri acara semi formal hingga formal. fitrotul aini.
Sebelumnya Berikutnya