Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Jombang menyelenggarakan Seminar Peningkatan Profesional Guru melalui Pelatihan Scan LJK berbasis IT.

JOMBANG, MSP – Kecanggihan teknologi dalam dunia pandidikan tentu akan melahirkan banyak inovasi pembalajaran sekaligus ragam penilaian yang lebih bervariasi. Diantaranya adalah pengkoreksian Lembar Jawaban Komputer (LJK) dengan menggunakan sistem operasi Andorid.

Kesadaran pentingnya mengikuti perkembangan tersebut, disadari oleh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Jombang sehingga pada hari Jumat (14/4) di SDN Sengon I Jombang diselenggarakan Seminar Peningkatan Profesional Guru melalui Pelatihan Scan LJK berbasis IT. Seluruh peserta merupakan anggota perhimpunan guru tertua di Indonesia ini.

Kegiatan ini ialah program unggulan PGRI dalam menjawab tantangan guru di era milenial. Dengan kata lain, guru harus mampu mengikuti perkembangan teknologi dengan masif serta terstruktur.

Ketua PGRI Kabupaten Jombang, Drs. Sudarmadji, M.Si. mengungkapkan, “Sengaja mengundang kepala sekolah beserta operator agar maksimal dalam kinerjanya saat proses pembelajaran di kelas. Sehingga guru tidak lagi melakukan koreksi ujian secara manual dan tidak perlu repot menggunakan alat scan (pemindai). Kini terdapat aplikasi ZipGrade untuk android yang dapat membaca LJK dan gratis diunduh pada play store.

Seperti yang ditegaskan oleh Guru SMA Negeri Mojoagung, Setio Wawan Adiatma, SH., M.Pd. dalam paparan materinya, ZipGrade adalah aplikasi penilaian yang membuat gradasi mudah saat menangkap, menyimpan, dan pelaporan data yang berguna pada penilaian. Tidak perlu menunggu untuk mesin scantron atau scanner sheetfed ke kertas dan proses kelas cepat. Kelas tes pilihan ganda, kuis, dan penilaian langsung di dalam kelas dengan menggunakan kamera perangkat android guru sebagai scanner grading (penilaian). chicilia risca
Sebelumnya Berikutnya