TK Putra Harapan Jatipelem, Diwek. Sekolah yang berada di ujung Barat Kecamatan Diwek tersebut bertempat di sekitar lingkup mayoritas masyarakatnya berkeyakinan muslim, mengharuskan lembaga untuk menyusun serangkaian kegiatan agamis di sela kegiatan pembelajaran.

DIWEK – Beragam upaya dilakukan setiap guru dalam mensukseskan kegiatan pembelajaran di lembaganya. Inovasi antara sekolah satu dengan lainnya pasti berbeda, dipengaruhi dari kontur lingkungan sekitar tempat sekolah tersebut berdiri.

Begitu juga bagi TK Putra Harapan Jatipelem, Diwek. Sekolah yang berada di ujung Barat Kecamatan Diwek tersebut bertempat di sekitar lingkup mayoritas masyarakatnya berkeyakinan muslim, mengharuskan lembaga untuk menyusun serangkaian kegiatan agamis di sela kegiatan pembelajaran. Contohnya adalah rutinitas sekolah melaksanakan istighotsah bersama di setiap hari Jumat Legi serta adanya Taman Pembelajaran Alquran (TPQ) sebagai kegiatan tambahan di luar jam pembelajaran selesai.

“Alasan penanaman karakter religius kami pilih untuk ditanamkan sejak dini karena melalui langkah tersebut lebih bisa diterima oleh anak didik ataupun para orang tua. Selanjutnya setelah selesai mengenyam pendidikan di TK ini anak didik semakin terbiasa menjadi pribadi yang agamis, sebagaimana ajaran Islam pada umumnya,” papar Kepala TK Putra Harapan Jatipelem, Wiwik Sumiati, S.Pd.




Selain kegiatan keagamaan, sekolah yang berada di tepi Jalan Desa Jatipelem tersebut juga memiliki agenda dalam memerhatikan perkembangan kesehatan anak didiknya. Setidaknya tiga bulan sekali guru bersama seluruh anak didik mengadakan makan bersama dengan menu yang sudah ditentukan nilai gizinya, tujuannya agar pertumbuhan fisik maupun otak anak tetap terjaga dan berjalan sesuai tahapan usianya.

Berkat berbagai kegiatan tersebut, beberapa tahun lalu TK Putra Harapan Jatipelem pernah menjadi primadona bagi orang tua yang berdomisili tidak jauh dari lembaga. Setidaknya seratus anak didik dalam satu kali pendaftaran mampu diraih lembaga. Bahkan dari desa tetangga pun ada.

Akan tetapi beberapa tahun terakhir, keadaan berbanding terbalik. Lembaga serupa kian bertambah dengan perhitungan jarak yang tidak terlalu jauh, ditambah lagi adanya tawaran fasilitas lebih akhirnya berdampak pada penerimaan anak didik di setiap tahun pelajaran baru semakin berkurang. Dari mulanya masih dalam kisaran 100 anak, kini turun drastis menjadi 25.




Semoga, tambah kepala TK yang sudah menjabat sejat tahun 2016 silam tersebut, ditahun mendatang peryaratan pembukaan lembaga baru lebih dibenahi lagi. Agar antar sekolah bisa mendapatkan anak didik sesuai wilayah masing-masing.

Salah satu guru TK Putra Harapan Jatipelem, Ayu Husniyatul menjelaskan, “Sebenarnya TK ini salah satu lembaga tertua yang ada di daerah Jatipelem. Berdiri sejak tahun 1965 dulunya bernama TK Muslimat. Akibat pergantian kepala yayasan, sekitar tahun 1980-an lembaga mengalami perubahan nama dan di tahun 2013 pindah lokasi agak menjorok kedalam bedekatan dengan gedung kantor desa.” fakhruddin

Nama Sekolah      : TK Putra Harapan Jatipelem

Alamat                 : Jl. Jatipelem, Jaten, Jatipelem, Diwek, Kabupaten Jombang

Jumlah Guru         : 5 (1 Kepala TK)

Jumlah Anak Didik : 60 Anak

a. Kelompok A       : 1. Laki-laki     : 12

                              2. Perempuan : 16

b. Kelompok B       : 1. Laki-laki     : 15

                              2. Perempuan : 17

Prestasi Terakhir :

a. Anak Didik : 1. Juara Senam Tingkat Kecamatan

                      2. Juara Finger Print Tingkat Kecamatan

b. Guru         : 1. Juara Permainan Tradisional

                      2. Juara 3 Lomba Senam

                      3. Pernah Menjadi Gurpres Tingkat Jawa Timur


Sebelumnya Berikutnya