Peserta didik begitu senang dan antusias dengan kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih empat jam tersebut. Ekspresi takjub dan senang mereka tunjukkan ketika berhasil mengamati bagian sel yang tentunya tidak setiap hari dilihat.

SUMOBITO – Semangat yang diamanatkan dalam Kurikulum 2013 (K13) agar peserta didik lebih berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran, menemukan sendiri konsep dari materi yang diajarkan membuat guru harus kreatif dalam proses pengajaran dalam kelas. Pemberian kesempatan serta pengalaman kepada peserta didik untuk mempraktikkan materi pembelajaran yang tengah dipelajari juga akan memberikan kesan tersendiri.

Memahami pentingnya adanya proses praktik dalam kegiatan pembelajaran khususnya pada mata pelajaran yang praktikal seperti Ilmu Pengetahuan Alam, SDN Brudu, Kecamatan Sumobito menggandeng Pusat Pengembangan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang untuk memberikan materi praktikum kepada para peserta didik IV mengenai mikroskop, Rabu (30/1).

Ketua Pelaksana dan Instruktur Pusat Pengembangan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, Samsul Ma'arif, S.Pd, M.Pd mengemukakan, “Idealnya materi-materi dalam mata pelajaran IPA itu akan lebih maksimal jika dipadukan dengan kegiatan praktik dibanding hanya dijelaskan secara teoretis semata. Melalui praktik anak-anak akan bisa melihat bentuk nyata dari objek IPA yang sedang dijelaskan.”

Pria yang akrab disapa Samsul itu kemudian menambahkan seperti materi mengenai pengamatan benda dengan ukuran yang sangat kecil (mikroskopis), peserta didik tidak akan memiliki pemahaman yang maksimal jika tidak melihatnya secara langsung. Sehingga perlu adanya bantuan alat yakni dengan menggunakan mikroskop. Sementara penggunaan mikroskop juga tidak hanya sekedar dimengerti secara teori, melainkan harus dilakukan dengan mengoperasikan alatnya secara langsung.

Penuh kesabar dan telaten, pria bertubuh tambun ini menjelaskan kepada para peserta didik bagian-bagian mikroskop sebelum mencoba mengoperasikan mikroskop. Tidak hanya memahami bagian dan cara penggunaannya, peserta didik sekaligus diajak untuk melakukan pengamatan bagian-bagian sel bawang merah juga daun yang sudah disiapkan menggunakan mikroskop.

Peserta didik begitu senang dan antusias dengan kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih empat jam tersebut. Ekspresi takjub dan senang mereka tunjukkan ketika berhasil mengamati bagian sel yang tentunya tidak setiap hari dilihat.

“Kegiatannya seru dan menyenangkan. Jadi bisa menambah pengetahuan dari yang sebelumnya hanya melihat di buku atau hanya sekedar membayangkan sekarang bisa melihat secara langsung,” kesan salah satu peserta didik, Alfiana Fajria Nur Rahmah.

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala SDN Brudu, Sumobito, Siti Maisaroh, S.Ag, S.Pd menyampaikan semoga dengan jalinan kerja sama yang dibangun antara SDN Brudu dengan Pusat Pengembangan MIPA mampu memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi para peserta didik.

“Disamping itu juga diharapkan menambah wawasan sekaligus kepercayaan diri terhadap penguasaan materi yang didapatkan mengingat sebentar lagi peserta didik kelas VI ini akan menghadapi ujian akhir sekolah,” tutur Siti Maisaroh. fitrotul aini.
Sebelumnya Berikutnya