Komunitas Air Kita asal Mojoagung memiliki satu kegiatan bernama Dongeng Mojoagung yang bertujuan untuk membaca lintasan perubahan masa lalu, kini, dan masa depan desa-desa setempat.

MOJOAGUNG – Terbentuknya sebuah desa atau wilayah, tentu tidak mungkin terjadi begitu saja. Pasti terdapat satu rangkaian sejarah panjang yang melatar belakangi peristiwa tersebut. Begitu pula di seluruh wilayah Kabupaten Jombang pun serupa, masing-masing daerah juga memiliki latar belakang berbeda.

Berkenaan akan hal itu, Komunitas Air Kita asal Mojoagung memiliki satu kegiatan bernama Dongeng Mojoagung yang bertujuan untuk membaca lintasan perubahan masa lalu, kini, dan masa depan desa-desa setempat. Sekarang kegiatan tersebut telah memasuki gelaran ke empat kali bekerja sama dengan kelompok Arek Kunden (Arkund) dan akhirnya memilih Desa Kademangan sebagai topik diskusi beserta penyelenggaraan dilaksanakan di salah satu rumah kuno warga setempat pada (27/4).

Ketua penyelenggara, Muhammad Zakaria mengungkapkan bahwa acara kali ini mengusung tema Multikultural dan Warisan Budaya Desa Kademangan. Alasannya karena Desa Kademangan didiami berbagai etnis, mulai dari Madura, Cina, Arab, hingga Jawa yang tersebar di Dusun Kademangan, Pekunden dan Kebondalem. Hal itu menunjukkan jika kehidupan di daerah itu bersifat multikultural dengan toleransi begitu tinggi dan memiliki beragam kebudayaan, sehingga sangat menarik untuk diulas lebih mendalam bersama saksi hidup secara langsung. fakhruddin
Sebelumnya Berikutnya