JOMBANG – Menjalankan tugas utamanya dalam pembinaan istri Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Disdikbud kembali mengadakan rapat pleno bulanan pada Jumat (15/11). Bertempat di Aula 1 Disdikbud Kabupaten Jombang, seperti biasanya rapat pleno diikuti oleh para ibu dari Unit Pelaksana (Unpel) DWP di Wilayah Kerja (Wilker) Pendidikan kecamatan dan lembaga pendidikan dari tingkat TK hingga SMP.

Masih dalam suasana Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, dalam pertemuan DWP Disdikbud pagi itu pun para hadirin diajak untuk menyimak tausiyah terkait keteladanan sifat Nabi Muhammad SAW serta implementasinya pada kehidupan saat ini. Tausiyah disampaikan oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Jombang, KH. Kholil Dahlan.

KH. Kholil Dahlan dalam tausiyahnya tidak henti-henti mengingatkan agar kita semua selalu bersyukur atas apa yang sudah diberikan oleh Allah. Terutama bagi para anggota DWP Disdikbud Kabupaten Jombang yang secara tidak langsung turut berkecimpung dalam dunia pendidikan di Kabupaten Jombang.

“Orang-orang yang aktif di dunia pendidikan, pahalanya setara dengan merawat seribu orang sakit dan takziah pada seribu orang yang meninggal. Untuk itu kita harus ingat untuk selalu bersyukur,” jelas Kyai Kholil.

Pria yang juga menjadi Pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum, Peterongan, Jombang itu lantas mengingatkan selain untuk tidak lupa agar selalu bersyukur, dalam menjalani hidup diharapkan bisa mencontoh apa yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Kunci utamanya adalah menjalani hidup yang sederhana dan tidak mempersulit diri sendiri. Salah satu cara agar bisa menjalani hidup yang sederhana adalah dengan selalu mengunduh berkah dan karunia Allah melalui saling mengasih sayangi anggota keluarga. Suami yang menyanyangi istri dan anak-anaknya begitu juga sebaliknya.

Baca Juga:  Ilham Erwan Yudha Terbang Mengejar Prestasi

“Sementara itu, di sekolah seorang guru sebagai pengganti sosok orang tua diharapkan dapat lebih dulu memberikan contoh kepada peserta didik. Dalam pendidikan, metode yang paling ampuh dalam pengajaran pada peserta didik adalah melalui contoh secara langsung,” pesan KH. Kholil Dahlan.

Di akhir tausiyahnya, Kyai Kholil mengajak seluruh hadirin untuk sama-sama berdoa untuk para peserta didik agar bisa menjalani pendidikan dengan baik. Terhindar dari hal-hal yang buruk serta negatif. Sekolah dan madrasah sebagai tempat menimba ilmu, dapat memberikan bekal ilmu yang bermanfaat dan rezeki yang berkah pada peserta didik yang tengah belajar disana.

Pada kesempatan yang sama, seiring dengan pergantian pimpinan di Diskdikbud Kabupaten Jombang, maka Ketua DWP Disdikbud pun turut mengalami pergantian. Posisi ketua yang sebelumnya dijabat oleh Nora Budi Nugroho digantikan oleh Lilik Agus Purnomo.

Lilik Agus Purnomo dalam sambutan pertamanya sebagai Ketua DWP Disdikbud Kabupaten Jombang dengan rendah hati memohon bantuan sekaligus kerja sama dari seluruh anggota untuk melancarkan segala program kegiatan serta acara yang telah disusun. Selain itu, ibu tiga putra ini juga memaparkan beberapa program yang ingin dilakukan selama masa jabatannya. Diantaranya adalah Program Jumat Berkah dengan membagikan makanan pada tukang becak dan panti asuhan, Program 18-21 yakni pendampingan orang tua untuk menemani anak belajar, serta upaya pengurangan sampah plastik bekas rapat dengan membawa sendiri tumblr minum.  fitrotul aini

Sebelumnya Berikutnya