Desa Kedungrejo merupakan satu desa yang memiliki sejarah Perjuangan panjang Bangsa Indonesia. Kala itu Kabupaten Jombang juga turut serta jihat melawan Sekutu dan Belanda. Sehingga adanya Tugu 10 November sebagai simbol peristiwa sejarah perjuangan melawan penjajah.

MEGALUH – Ratusan peserta didik mengikuti serangkaian kegiatan dalam rangka mensyukuri Hari Pahlawan pada Minggu (10/11). Kegiatan yang dimeriahkan dari gabungan Pramuka, Dewan Kerja Ranting Megaluh, Dewan Kerja Ranting Plandaan, Dewan Kerja Ranting Ngusikan, Pasukan Outbond Cengkraman Raja Kalimas, Karang taruna Desa Kedungrejo.

Baca Juga : Lomba Drumben Se Kecamatan Perak Mengembangkan Potensi Peserta Didik

Acara yang dikemas berjalan membawa obor dengan nama Napak Tilas Sejarah. Peserta didik diajak untuk melihat monumen penderitaan Bangsa Indonesia dari sisa puing terowongan pondasi rel kereta api saat penjajahan Belanda. Selanjutnya melihat monumen perjuangan dan pergerakan, peserta juga singgah di Masjid kuno tahun 1890. Kemudian ke tugu 10 November untuk doa bersama bagi para pahlawan dan pejuang bangsa. Diikuti pula acara pembacaan puisi serta ditutup dengan nonton bersama film 10 November pada Malam hari (9/11).

Menurut Koordinator Penyelenggara, Tony Achmat Hidayat, Desa Kedungrejo merupakan satu desa yang memiliki sejarah Perjuangan panjang Bangsa Indonesia. Kala itu Kabupaten Jombang juga turut serta jihat melawan Sekutu dan Belanda. Sehingga adanya Tugu 10 November sebagai simbol peristiwa sejarah perjuangan melawan penjajah. chicilia risca
Sebelumnya Berikutnya