Jahe memiliki sejarah panjang dalam mengatasi masalah terkait pencernaan. Dikenal dari generasi ke generasi, jahe merupakan salah satu bahan alternatif untuk memperlancar sistem pencernaan.

JOMBANG – Belakangan cuaca sedang tidak bersahabat, kadang bisa sangat panas mendadak berubah sangat dingin apalagi usai diguyur hujan deras. Sehingga menggak minuman memberikan manfaat yang baik bagi tubuh sangat dicari. Salah satunya adalah minuman olahan dari jahe. Selain karena rasanya enak dan khas, jahe juga memiliki banyak khasiat, termasuk mengatasi masalah perut.

Jahe segar memiliki rasa yang lebih kuat jika dibandingkan dengan jahe bubuk, kandungan gingerol yang baik bagi kesehatan juga masih banyak terdapat pada manfaat jahe segar. Untuk memanfaatkan jahe segar, anda dapat mencampur jahe dengan masakan seperti olahan seafood, topping salad, dan campuran smoothies atau jus anda.

Jahe memiliki sejarah panjang dalam mengatasi masalah terkait pencernaan. Dikenal dari generasi ke generasi, jahe merupakan salah satu bahan alternatif untuk memperlancar sistem pencernaan. Kandungan phenolic dalam jahe berfungsi untuk meredakan gejala iritasi gastrointestinal (saluran pencernaan), menstimulasi air liur, mencegah terjadinya kontraksi pada perut, hingga membantu pergerakan makanan dan minuman selama berada di pencernaan. Jahe juga disebut sebagai carminative, suatu substansi yang dapat membantu mengeluarkan gas berlebih yang ada di sistem pencernaan. Masalah pencernaan seperti kolik dan dispepsia dapat diatasi dengan jahe.

Baca Juga :
Pijat Bayi Tradisonal Mbah Gini Ajinya Masih Terbukti

Selain itu, jahe juga dipercaya bisa mengurangi rasa mual dan sakit. Perempuan yang mual di awal kehamilan atau mengalami nyeri ketika menstruasi dapat mengonsumsi jahe untuk meredakan gejala keduanya.

Jahe pun juga dipercaya mampu membantu detoksifikasi dan mencegah penyakit kulit. Jahe merupakan salah satu jenis rerempahan yang disebut diaphoretic (dapat memicu keluarnya keringat). Pengeluaran keringat bermanfaat bagi tubuh terutama jika sedang demam atau flu. Selain membantu proses detoksifikasi, berkeringat juga ternyata dapat melindungi diri dari mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit. Para ahli meneliti sejenis protein yang disebut dermicidin, diproduksi pada kelenjar keringat dan berfungsi melindungi tubuh dari bakteri seperti E. coli, staphylococcus aureus, serta jamur yang dapat menyebabkan penyakit kulit.

Manfaat Jahe lain bagi tubuh adalah membantu menurunkan berat badan. Mengonsumsi minuman jahe merupakan salah satu cara menurunkan berat badan secara alami dan sehat. Meski klaim ini masih butuh diteliti lebih lanjut, minum jahe hangat memang bisa membuat rasa kenyang lebih lama.

Cara paling umum untuk mendapatkan manfaat jahe adalah dengan merebus atau mencampur air sehingga terbentuk air jahe. Untuk membuat air jahe sederhana di rumah caranya adalah sebagai berikut:

· Parut 1,5 sendok teh jahe segar

· Rebus 4 gelas air

· Tambahkan jahe ke dalam air

· Biarkan jahe meresap selama sekitar 5-10 menit

· Saring airnya untuk memisahkan parutan jahe

· Air jahe dapat diminum baik panas maupun dingin. fitrotul aini.


*Disarikan dari beberapa sumber.