Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Sejenis (SPS) Nur Amin Ridwan, Perak memilih memadukan metode tahfidz atau menghafal Alquran dengan pembelajaran biasa untuk proses pembelajaran sehari-hari. Metode ini dipercaya memudahkan anak didik dalam memahami materi pembelajaran yang diberikan.

“Setiap pagi, sebelum masuk pada materi pembelajaran umum anak didik diajak untuk menghafalkan satu ayat Alquran dari surat-surat yang ada di juz tigapuluh. Mereka menirukan yang dibacakan oleh guru serta melihatnya bentuk tulisannya pada buku. Meski secara harfiah anak didik belum bisa membaca huruf hijaiyah, tapi secara intuitif akhirnya bisa mengetahui dan memahami huruf hijaiyah,” jelas Kepala SPS Nur Amin Ridwan, Sih Maryati, S.Pd.

Baca Juga: Peringatan Hari Ibu Berbusana Daerah Hiasi Makanan

Lembaga yang telah berdiri sejak tahun 2011 dalam kegiatan pembelajarannya menerapkan metode pembelajaran sentra. Pengenalan huruf dan angka dikenalkan melalui metode yang disebut Aku Cepat Membaca (ACM) yang dikemas dalam lagu (menyanyi). SPS juga memberlakukan program Tri Sukses sebagai pondasi dalam menjalankan kegiatan. Untuk mendukung pembentukan akhlakul karimah pada anak didik, disinergikan dengan Pembelajaran Holistik Berbasis Karakter (PHBK). Terdapat sembilan pilar karakter yang dapat dikembangkan untuk membantu pembentukan karakter anak didik. Dalam pelaksanaannya dilengkapi modul pendamping yang bisa digunakan guru dan anak didik.

Backgroud Musik: www.bendsound.com
Pewarta/Editing: Fitri
Sebelumnya Berikutnya