Seleksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berprestasi Tingkat Kabupaten Tahun 2020 Tidak Banyak Perubahan


JOMBANG – Seleksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Berprestasi tingkat kabupaten menjadi kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Bidang Ketenagaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang. Dalam kegiatan ini pendidik dan tenaga kependidikan bersaing satu sama lain yang ke depannya bisa menjadi teladan bagi seluruh pendidik dan tenaga kependidikan di Kabupaten Jombang.

Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan, Disdikbud Kabupaten Jombang, Drs. Didik Pambudi Utomo menerangkan bahwa tidak banyak perbedaan mekanisme seleksi tahun ini dengan tahun sebelumnya. Tahapan seleksi masih meliputi tes tulis, presentasi karya tulis atau best practice, dan wawancara.

“Untuk jenjang SMP seleksi langsung di tingkat kabupaten. Satu lembaga diperbolehkan mengirimkan lebih dari satu perwakilan. Namun untuk jenjang TK dan SD diadakan seleksi tahap kecamatan terlebih dulu, mengingat lembaganya cukup banyak. Nah, juara di tingkat kecamatan kemudian dikirim mengikuti seleksi tingkat kabupaten,” urai Didik Pambudi Utomo.

Dilanjutkan oleh pria berkumis tebal itu, pelaksanaan seleksi juga tidak mengalami banyak perbedaan. Karena petunjuk pelaksanaan di tingkat provinsi bahkan nasional juga demikian adanya. Selain itu, keterbatasan waktu juga menjadi alasan mengapa seleksi PTK Berprestasi ini seolah sepi dari euforia.

“Faktor antusiasme peserta juga menjadi penyebab lain mengapa seleksi ini tidak segebyar kompetisi lain. Persyaratan mengikuti seleksi di tingkat kabupaten dibuat sederhana, agar para PTK mau berpartisipasi,” ungkap Didik Pambudi Utomo.

Tes tulis seleksi PTK Berprestasi Tingkat Kabupaten Jombang Tahun 2020 dilaksanakan pada Selasa (10/3), dilanjutkan Selasa (24/3) untuk presentasi karya tulis atau best practice serta wawancara. Pemenang dari seleksi ini akan mewakili Kabupaten Jombang mengikuti ajang serupa di tingkat provinsi.

Reporter/Foto: Fitrotul Aini/Chicilia Risca Y.