BANDARKEDUNGMULYO – Pengembangan potensi peserta didik bisa diawali dengan kebiasaan yang ada di lingkungan tumbuhnya. Kemudian menjadikannya sebagai kegiatan rutin yang dilakukan serius dan ada penampingan khusus. Pada akhirnya hal itu bisa menghasilkan kualitas mumpuni. Laiknya yang dilakukan SDN Tinggar Bandarkedungmulyo menfasilitasi kegiatan Salawat Nabi Diba’i dengan iringan alat musik perkusi.

Dijelaskan oleh Kepala SDN Tinggar Bandarkedungmulyo Bowo, S.Pd., “Masyarakat di lingkungan sekolah sangat kental nuansa religiusnya. Utamanya dalam melangsungkan pengajian rutin, sehingga peserta didik turut memeriahkan melalui grup banjari.”

Selain menyediakan seperangkat alat musik lengkap, juga menfasilitasi musala sebagai tempat kegiatannya. Baik digunakan dalam latihan rutin hingga pelaksanaan pengajian. Hal ini sudah berlangsung lebih kurang empat tahun silam.

Baca Juga: Cerita Untuk Ibu

“Pemberdayaan bangunan rumah dinas kepala sekolah yang tak terawat, saya alihfungsikan menjadi musala. Ketika saya menjabat di tahun 2016. Sehingga fasilitas ini menjadi salah satu penunjang kegiatan keagamaan di sekolah,” terang pria berusia 59 tahun ini.

Walhasil, kini SD Negeri Tinggar memiliki dua grup banjari. Berdasarkan penuturan pengajar ekstrakurikuler banjari Mohammad Jamil Anshori, S.PdI., salah satu grup tersebut memiliki vokalis berbakat dan sudah mengukir beberapa prestasi. Tentu saja, itu semakin memotivasi anggota yang lain meningkatkan kemampuannya.

“Peserta didik begitu minat pada banjari. Seperti sudah menjadi bagian dalam dirinya. Mereka memiliki semangat dan selalu haus belajar. Terkadang hingga sore tetap ingin berlatih. Terlebih ketika ada minat dalam diri peserta didik, semakin mendorong giat berlatih. Hanya saja masih didominasi peserta didik laki-laki, karena yang perempuan kurang percaya diri,” tutur Mohammad Jamil Anshori.

Pendamping ekstrakulikuler banjari, Ahmad Muzakki, S.Pd.SD masih meyakini bahwa minat peserta didik tak bisa untuk dipaksakan, namun lebih diarahkan dengan berbagai pilihan dalam ekstrakurikuler. Peserta didik yang tergabung dalam grup albanjari ini atas dasar keinginan pribadi.

Reporter/Foto: Chicilia Risca Y. 

Nama Satuan : SD Negeri Tinggar

NPSN : 20503652

Status Sekolah : Negeri

Status Kepemilikan : Pemerintah Daerah

Tanggal SK : 1974-01-05

Alamat : Desa Tinggar

Desa/Kelurahan : Tinggar

Kecamatan : Bandar Kedungmulyo

Kabupaten/Kota : Kabupaten Jombang

Propinsi : Jawa Timur

RT/RW : 4/7

Nama Dusun : Banjaranyar

Kode Pos : 61462

Luas Tanah : 3.040 M²

Email : sdntinggar@gmail.com

Nomor Telepon : 0321878671
Sebelumnya Berikutnya