TK Muslimat 57 Gadingmangu Perak Optimalkan Sumber Daya di Sekolah


PERAK – Pembelajaran pada anak usia dini mesti dilakukan dengan menyenangkan dan kreatif. Hal itu tak bisa dilepaskan akan dunia anak pada dasarnya adalah bermain. Sehingga melalui permaianan tersebut bisa menjadi konjungtor yang baik dalam menyampaikan materi inti yang akan dipelajari.

Laiknya dilakukan oleh TK Muslimat 57 Gadingmangu Perak. Secara geografis berada di lingkungan pedesaan membuat banyak potensi lingkungan yang sangat membantu dalam pembelajaran. Tinggal kreativitas guru untuk membangkitkan pembelajaran lebih menarik.

Ketua TK Muslimat 57 Gadingmangu Perak, Badriyah, S.Pd mengatakan bahwa menuju optimalisasi pembelajaran di lembaganya seringkali memanfaatkan segala media yang ada dan ketersediaan bahan di sekitar lingkungan. Selain anak didik sudah mengenal sebelumnya, tentu kalau menghadirkan dengan cara yang berbeda semakin membuat menarik.

Baca Juga: Outbound Menjadikan Pembelajaran Lebih Menarik

“Misalnya dengan mempraktikan kegiatan yang ada di rumah. Tak perlu repot mempersiapkan media pembelajarannya. Cukup guru memberikan teladan dengan pembawaan yang berbeda dan belum pernah dirasakan anak didik. Sendirinya mereka akan mengikuti bahkan melanjutkan hingga di rumah,” ujar Badriyah.

Harus saling berdiskusi sesama guru, imbuh perempuan yang juga menjadi Ketua Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Kecamatan Perak ini. Melalui diskusi inilah bisa saling bertukar ide, gagasan, hingga pengembangan bentuk pembelajaran sesuai dengan temanya.

Bahkan tak jarang juga saling membantu dalam menyiapkan media pembelajaran yang akan digunakan. Hal itu karena media pembelajaran itu bisa digunakan di lain kesempatan pada kelas lainnya.



Badriyah mengakui, “Saat berdiskusi ini jalinan komunikasi antar guru lebih terbuka. Kendala yang dihadapi pun bisa diurai bersama sehingga menemukan sebuah solusi yang bijaksana.”

Terlepas dari itu juga penting kiranya menjalin komunikasi dengan wali peserta didik. Selain menyampaikan hasil pembelajaran, pendapatan maupun evaluasi yang diberikan akan sangat berarti dalam menyongsong pembelajaran lebih baik ke depannya.

Reporter/Foto: Chicilia Risca Y./Istimewa

Visi:
Unggul dalam Iman dan Taqwa, Kreatif, Mandiri, dan Berprestasi

Misi:
1. Menumbuhkembangkan potensi anak didik melalui pembelajaran aktif, kreatif, dan menyenangkan

2. Memberi kesempatan kepada anak didik untuk bereksplorasi, berkreasi, berinovasi dilingkungan yang konduktif

3. Memberikan pendidikan agama sebagai kunci peningkatan nilai moral dan budi pekerti yang luhur

4. Menumbuhkembangkan kemandirian, kedisiplinan, dan tanggungjawab

5. Mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan standar Pendidikan Anak Usia Dini