JOMBANG – Meski terkendala situasi Korona yang tidak memungkinkan pertemuan secara tatap muka, Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Provinsi Jawa Timur pada Selasa-Kamis (22-24/9) mengadakan Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) yang diikuti oleh seluruh Himpaudi kabupaten/kota yang ada di Jawa Timur secara daring.

Acara ini membahas mengenai arah-arah kebijakan serta program kegiatan yang akan dilakukan oleh Himpaudi Jawa Timur dan kemudian dapat ditindaklanjuti oleh Himpaudi di tiap-tiap kabupaten/kota.

Ketua Himpaudi Provinsi Jawa Timur, Imam Mahmud, S.Sos., M.Pd.I dalam sambutan sekaligus pembinaannya menyatakan bahwa Himpaudi telah menjadi organisasi penting. Hal ini mengingat bahwa Himpaudi bukan hanya sekadar sebagai organisasi perhimpunan pendidik dan tenaga kependidikan saja, melainkan ada tugas serta tanggung jawab dalam mencapai tujuan dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tanpa melupakah fitrah anak yang harus beriman, bertakwa, sehat, cerdas, dan ceria.

PAUD merupakan sumber investasi sumber daya manusia, peletak dasar-dasar nilai dan pendidikan sehingga pelaksanaannya harus dipastikan baik, tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

“PAUD merupakan sumber investasi sumber daya manusia, peletak dasar-dasar nilai dan pendidikan sehingga pelaksanaannya harus dipastikan baik, tidak bisa dilakukan secara sembarangan,” ujar Imam Mahmud.

Untuk itu, beberapa strategi yang akan dilakukan oleh Himpaudi Provinsi Jawa Timur diantaranya adalah penguatan organisasi dan database riil melalui online system sesuai dengan kualifikasi, kompetensi, dan kesejahteraan. Kemudian melakukan peningkatan kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) dengan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat Berjenjang) berbagai metode.

Lalu menjalin kerja sama atau kemitraan dengan lintas dinas atau kelembagaan untuk lembaga dan PTK PAUD, serta peningkatan dan penjaminan kesejahteraan anggota melalui advokasi dengan melihat kondisi dan solusi PTK PAUD.

Baca Juga: Kisah Hj. Soemiyati Supardi Pejuang Mempertahankan Kemerdekaan

Dikonfirmasi terpisah, Ketua Himpaudi Kabupaten Jombang, Tita Aniqowardani, S.Pd menyatakan telah menurunkan apa yang disampaikan oleh Himpaudi Provinsi Jawa Timur. Pihaknya telah merumuskannya ke dalam program utama yang akan menjadi fokus Himpaudi Kabupaten Jombang.

“Sebisa mungkin program dan kegiatan yang kita laksanakan merupakan tindaklanjut atau penguatan dari tingkat provinsi. Pendiseminasian informasi jika ada kebijakan baru pun akan dilaksanakan seefektif dan efisien mungkin melalui daring, itu karena masih terbatasnya kegiatan tatap muka,” ungkap Tita Aniqowardani.

Perempuan berhijab itu tetap optimis Himpaudi masih tetap memberikan kontribusi, dukungan dan penguatan terhadap para pendidik dan tenaga kependidikan di era pandemi saat ini. Seperti jargon perjuangan yang selalu diucapkan lantang, “Satu hati, satu dedikasi, dan satu aksi, Himpaudi Jaya!”

Reporter/Foto: Fitrotul Aini

Lebih baru Lebih lama