SIDOARJO –
Balai Bahasa Jawa Timur (BBJT) memberikan Penghargaan Bahasa 2020. Hal itu sesuai dengan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Pada perhelatan yang digelar pada Selasa (17/11) di Hotel Fave Sidoarjo, BBJT memberikan 3 kategori penghargaan. Diantaranya Lembaga Pemerintahan, Swasta, dan Media Massa Tertib Berbahasa Terbaik.

Diungkapkan Kepala BBJT, Dr. Asrif, M.Hum, penghargaan ini sebagai salah satau cara mengapresiasi pihak-pihak yang konsisten menjunjung tinggi Bahasa Indonesia dengan baik. Sesuai dengan ruang lingkup garapan masing-masing bidangnya.

“Kedepannya kami berharap ini menjadi salah satu upaya dalam memperbaiki ketatabahasaan bagi kabupaten/kota yang ada di Provinsi Jawa Timur. Setelah dinilai maka selanjutnya akan diranking. Nah, tiga terbaik pada tiap kategori diberikan apresiasi agar semakin bersemangat dan mampu menjaga marwah Bahasa Indonesia dengan baik dan benar,” tuturnya.

Semua memang butuh kebiasaan dan latihan baik dari segala unsur. Sehingga penghargaan ini merupakan capaian terbaik yang diraih oleh semua, tidak hanya bagi Majalah Suara Pendidikan namun Jombang pada khususnya.

Majalah Suara Pendidikan mendapatkan penghargaan sebagai Media Massa Tertib Berbahasa Terbaik tahun 2020 ini. “Hal itu menjadi pengingat bagi kami agar selalu berusaha menjaga penggunaan bahasa dengan baik dan tetap komunikatif,” tandas Pemimpin Redaksi Majalah Suara Pendidian, Rahmat Sularso Nh.

Lelaki muda yang dijumpai saat sesi santai bersama ini berterimakasih kepada seluruh pihak yang mendukung kehadiran Majalah Suara Pendidikan selama delapan tahun terakhir. Dia mengakui, semua memang butuh kebiasaan dan latihan baik dari segala unsur. Sehingga penghargaan ini merupakan capaian terbaik yang diraih oleh semua, tidak hanya bagi Majalah Suara Pendidikan namun Jombang pada khususnya.

Baca Juga: Pasar Shodaqoh Tidak Harus Menunggu Berlimpah Harta

Rahmat Sularso Nh. juga mengatakan, “Disamping kebiasaan dan latihan yang terus kami berikan kepada para reporter, juga ada dua editor di belakang seluruh teman-teman. Demikian pun ketika proses tata letak dilakukan, sebelum memasuki pra cetak, ada tahapan editing bahasa lagi.”

Dari sepuluh nominasi yang ditayangkan dalam layar utama Penghargaan Bahasa 2020, Majalah Suara Pendidikan meraih terbaik pertama. Diikuti Majalah Akbar dari Kabupaten Tuban dan Majalah Kabar Nganjuk asal Kabupaten Nganjuk.

Reporter/Foto: Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama