JOMBANG – Untuk meningkatkan kompetensi sekaligus berbagi pengalaman antar anggota, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Jombang menggelar Jambore bagi tingkat Penggalang (setingkat SMP/MTs). Pelaksanaan Jambore yang sedianya bisa diikuti oleh lebih banyak perwakilan anggota Pramuka Penggalang dari tiap Kwartir Ranting (Kwarran) atau kecamatan.

Namun hal itu tidak bisa dilakukan lantaran terkendala aturan pembatasan penyelenggaraaan akibat penyebaran virus Coron. Sehingga peserta harus dibatasi menjadi satu orang putra dan putri tiap Kwaran.

Jambore Cabang adalah pertemuan besar Pramuka Penggalang yang tujuannya memang sebagai sarana meningkatkan wawasan dan ilmu tentang kepramukaan.

Dalam sambutannya saat pembukaan Jambore Cabang Jombang Tahun 2020 Sabtu (28/11), Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Jombang, M. Munif Kusnan, S.H., M.Si berpesan, sebagai seorang pramuka yang tangguh, wajib untuk mengetahui tentang bahaya Covid-19 dan mampu memberikan contoh bagi teman dan masyarakat tentang penerapan protokol kesehatan.

Baca Juga: SMP Negeri 3 Mojoagung Kreatif Membuat Video Pembelajaran

“Melalui Jambore ini juga diharapkan adik-adik Penggalang ini dapat saling berbagi pengalaman satu sama lain. Bertambah ilmu kepramukaan dan kepekaan terhadap lingkungan sosial. Semoga bisa menjadi bekal kedepannya untuk bisa menjadi generasi penerus bangsa yang sukses,” kata M. Munif Kusnan.

Ditambahkan oleh Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Jombang, Yanuar Pristyawan Wijaya, “Jambore Cabang adalah pertemuan besar Pramuka Penggalang yang tujuannya memang sebagai sarana meningkatkan wawasan dan ilmu tentang kepramukaan. Sebutan Jambore diperuntukkan bagi tingkat SMP. Sedangkan untuk tingkat SMA kegiatan serupa ini disebut dengan Raimuna.”

Kegiatan ini berlangsung pada Sabtu-Minggu (28-29/11) bertempat di lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudyaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang. Ada beberapa acara dalam kegiatan itu, diantaranya pemberian motivasi kepada peserta dalam menempuh Pramuka Garuda dan pentas seni. Keesokan harinya penanaman bibit pohon di area pelaksanaan kegiatan. Kegiatan terakhir adalah outbound dan penutupan.

Reporter/Foto: Fitrotul Aini/Istimewa

Lebih baru Lebih lama