NASIONAL - Sebagai makhluk sosial, manusia tidak bisa hidup seorang diri. Dalam kehidupan sehari-hari, kita membutuhkan bantuan orang lain. Selain itu, sebagai makhluk sosial manusia juga berhubungan secara timbal-balik dengan manusia lain.

Salah satu hal yang bisa dilakukan manusia untuk membantu sesamanya adalah membiasakan diri berbagi dengan orang lain. Kebiasaan baik ini bisa diajarkan kepada anak sejak dini. Agar anak bisa tumbuh menjadi seseorang dengan kepribadian yang senang berbagi.

Merangkum akun Instagram Kemdikbud.ri, mengajarkan anak untuk berbagi penting dilakukan para orangtua. Jika orangtua membiasakan anak mau berbagi dengan orang lain sejak dini, diharapkan anak-anak tidak tumbuh menjadi karakter yang egois atau mementingkan dirinya sendiri dan tidak peduli dengan lingkungan sekitar.

Baca Juga: Jombang Siap Divaksin

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua untuk mengajarkan anak agar mau berbagi dengan orang lain.

Ajarkan Untuk Memberi Apa yang Mereka Punya
Pasti anak-anak memiliki berbagai mainan dan juga pakaian yang sudah tak muat lagi dipakai. Daripada barang-barang yang tidak terpakai dibuang begitu saja, alangkah baiknya jika barang-barang tersebut didonasikan kepada pihak-pihak yang membutuhkan.

Buat Semua Lebih Nyata Dilakukan
Mungkin saja mereka sudah memiliki jiwa dermawan yang besar. Hanya saja mereka masih punya benda-benda imajinasi yang ingin disumbangkan. Tugas para orangtua menjelaskan kepada mereka bahwa mereka bisa berbagi dengan hal-hal yang nyata. Seperti mainan, makanan atau baju milik mereka yang sudah tidak terpakai lagi.

Jangan Memaksa
Jangan memaksa mereka untuk cepat bisa dan mau berbagi dengan teman-temannya secara sukarela. Sadarilah, hal ini cukup sulit dilakukan anak saat harus berpisah dengan mainan kesayangannya.

Ulangi
Tidak semua anak bisa langsung mengerti saat diajarkan untuk berbagi dan beramal. Jangan menyerah untuk mengajarkan anak agar mau berbagi.

Bantuan Bukan Hanya Untuk yang Tidak Mampu
Ajarkan anak-anak agar tidak menganggap bahwa memberi itu harus kepada orang yang kurang mampu saja. Tapi kepada semua pihak yang sedang membutuhkan bantuan kita.

Sumber/Rewrite: kompas.com/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama