NASIONAL - Masker kain seolah telah menjadi bagian dari outfit wajib setiap kali akan beraktivitas keluar rumah. Tetapi bagi kebanyakan perempuan, meski sebagian besar area wajah akan tertutup masker, make up tetap tidak bisa ditinggalkan. Risikonya, sebagian riasan mungkin akan menempel pada masker, terutama bagian lipstik.

Jika memakai masker kain tentu Anda tidak akan membuangnya, meski telah terkena noda make up. Setelah mencucinya, masker kain bisa dipakai ulang dilain hari. Tetapi membersihkan noda riasan pada masker kain tidak terlalu mudah. Terutama jika masker dengan noda tersebut tidak langsung dibersihkan.

Noda lisptik atau bedak akan menempel lebih lama dan jika dicuci dengan cara yang salah justru bisa merusak masker. Dikutip dari AsiaOne, berikut alternatif mencuci masker yang terkena noda make up agar tidak merusak kain.

Pakai Sabun Tekstur Lembut dan Air Hangat
Jika noda sudah membandel, rendam terlebih dahulu masker dengan sabun dan air hangat. Tentukan sendiri waktunya hingga dirasa noda riasan telah terangkat. Lalu gosok perlahan masker cukup dengan tangan.

Usap dengan Tisu Make Up

Tisu rias tidak hanya bermanfaat untuk wajah. Tapi juga berguna untuk menghilangkan riasan dari masker. Ambil satu lembar dan oleskan atau gosok perlahan sampai noda terangkat. Cara ini paling efektif untuk noda baru yang belum sempat mengering.

Baca Juga: Kepala Sekolah Wajib Bisa Mengajar

Es Batu
Ambil es batu lalu gosokkan dengan kuat pada noda yang menempel. Es batu efektif untuk menghilangkan noda riasan dan menjaga tekstur kain pada masker berbahan sutra.

Alkohol Gosok
Rendam kapas atau waslap dalam alkohol selama beberapa menit. Kemudian usapkan dengan lembut pada noda lipstik. Alkohol akan membantu menghilangkan noda berminyak dan lilin. Bagi mereka yang memiliki kulit sensitif, jangan membersihkan masker dengan alkohol. Sebaiknya, gunakan cuka putih dan larutan sabun pencuci piring untuk menghilangkan noda lipstik yang membandel.

Krim Cukur
Bahkan krim cukur juga bisa dimanfaatkan untuk mencoba menghilangkan noda riasan. Oleskan krim cukur seukuran koin dan diamkan selama sepuluh menit. Krim cukur akan bekerja untuk melarutkan noda. Setelah sepuluh menit, bersihkan krim cukur dengan waslap lembap.

Pemutih Pakaian
Rendam masker dengan pemutih pakaian dan rendam selama lima menit sebelum membilasnya dengan air dingin. Tetapi cairan ini hanya direkomendasikan untuk masker berwarna putih, jika Anda ta ingin warna masker luntur jika memakainya pada warna lain.

Cairan Pencuci Piring
Untuk menghilangkan noda alas bedak berbahan dasar minyak, cukup tuangkan sedikit cairan pencuci piring dan gosok perlahan pada noda dengan sikat gigi. Terakhir, bilas masker wajah dengan air dingin.

Sumber/Rewrite: suara.com/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama