NASIONAL - Menumpuknya kotoran dan noda di jendela terkadang luput dari perhatian pemilik rumah. Membersihkan jendela tentu sangat penting, tak hanya untuk hunian yang lebih nyaman, tetapi juga untuk kesehatan anggota keluarga.

Membersihkan jendela sebetulnya pekerjaan yang mudah, namun dibutuhkan ketelitian. Lantas, apa saja cara mudah untuk membersihkan jendela? Yuk, simak selengkapnya seperti dilansir dari laman Good Housekeeping.

Pilih Hari yang Kering dan Berawan
Memilih hari yang tepat untuk membersihkan jendela penting dilakukan, seperti di hari yang kering atau terik dan berawan. Hal itu dikatakan oleh Carolyn Forte, selaku Direktur Good Housekeeping Cleaning Lab.

Carolyn Forte mengatakan lakukan pekerjaan ini di bawah terik matahari dan pembersih akan mengering pada jendela yang panas sebelum Anda menyekanya, meninggalkan goresan yang sulit dihilangkan. Jika cuaca tidak mendukung, mulailah dari sisi rumah yang teduh.

Bersihkan Kotoran dan Debu Terlebih Dahulu
Sebelum mulai, bersihkan dahulu kotoran dari bingkai jendela dengan sikat atau sedot debu. Hal ini akan mencegah kotoran berubah menjadi kotoran keruh saat dicampur dengan pembersih. Jika saringan jendela Anda terlihat sangat kotor, keluarkan dan cuci dengan air panas berbusa dan sikat lembut, lalu bilas dan biarkan mengering sebelum memasangnya kembali.

Baca Juga: SDN Karangmojo II, Plandaan Pembiasaan Hidup Bersih dan Sehat

Untuk membersihkan tirai dan kerai dengan cepat, Carolyn Forte merekomendasikan untuk membersihkan kedua sisi jendela dengan kemoceng mikrofiber atau membuka bilah dan menutup masing-masing dengan kain lembap dan diikuti dengan yang kering.

Pilih Pembersih yang Tepat
Carolyn Forte menyebut dibutuhkan banyak pembersih untuk melarutkan dan menahan kotoran sehingga bisa benar-benar hilang. Anda juga bisa membuat pembersih kaca sendiri dengan dua gelas air, setengah cup cuka putih atau sari apel, 1/4 cup alkohol dengan konsentrasi 70 persen.

Campurkan bahan-bahan dan tuangkan ke dalam botol semprot. Jika Anda memiliki anak atau hewan peliharaan, tulis bahan-bahan di bagian luar botol untuk keamanan.

Gunakan Kain Mikrofiber
Bukan dengan koran, lebih baik mengeringkan panel dengan kain mikrofiber yang dapat digunakan berulang-ulang. Kain ini sangat mudah menyerap dan bisa dicuci untuk membuat jendela menjadi mengilap dan bebas goresan.

Jangan Menggunakan Alat Pembersih Berbahan Karet
Salah satu langkah yang penting yaitu jangan menggunakan alat pembersih berbahan karet karena potensi rusak dan faktor tetesan, terutama untuk panel kecil. Namun, alat ini dapat lebih membantu pada jendela yang lebih besar.

Lakukan Secara Bertahap
Menurut Carolyn Forte, Anda hanya perlu membersihkan jendela sekali atau dua kali setahun. Namun akan lebih mudah jika Anda membagi pekerjaan dan melakukannya ruangan demi ruang.

Ketika membersihkan, seka satu sisi jendela secara horizontal dan sisi lainnya secara vertikal. Jika ada coretan yang terbentuk, Anda akan dengan mudah mengetahui apakah ada di luar atau di dalam.

Sumber/Rewrite: liputan6.com/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama