JOMBANG – Merawat tanaman hias menjadi kegemaran baru belakangan ini. Hal tersebut dampak secara tidak langsung pandemi Covid-19 yang mengharuskan setiap orang lebih banyak di rumah. Aktivitas itu juga menjadi ladang bisnis baru bagi sebagian masyarakat yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Dari situlah Komunitas Pecinta Tanaman Hias Jombang (KPTHJ) menganggas Pekan Tanaman Hias Jombang pada (28/1) di BBJ Mall Jombang. Koorditor Acara, Pekan Tanaman Hias Jombang, Rudy Hidayatulloh mengatakan, acara tersebut tidak hanya memerkan dan menjual tanaman hias. Akan tetapi ada edukasi tentang pengenalan tanaman hias dari pertama merawat hingga siap dijual.

“Sehingga diharapkan bisa menjadi solusi lapangan pekerjaan baru. Utamanya bagi mereka yang diterjang PHK akibat pandemi Covid-19,” ungkap Rudy Hidayatulloh.

Mengusung tajuk Jombang Bertunas, dalam acara Pekan Tanaman Hias Jombang kali ini mendambakan munculnya wawasan baru dan pelaku usaha baru. Sehingga biarpun pandemi sedang berlangsung, tidaklah menutup daya untuk terus berkarya.

Gagasan ini pun diamini oleh Koordinator Panitia, Pekan Tanaman Hias Jombang H.M. Mudji Pambudi bahwa setiap tanaman hias memiliki karakter yang berbeda-beda. Sehingga antara satu dengan lainnya dalam perawatannya pun tidak bisa diperlakukan sama.

H.M. Mudji Pambudi menjelaskan, “Ada yang cukup di siram saja, namun juga ada yang harus dilakukan perawatan dengan perhatian penuh. Baik dari tanamannya hingga tanah yang digunakan sebagai media tanamnya.”

Baca Juga: Kebutuhan Pokok Meroket KRPL Jadi Solusinya

Ahmad Sobari, salah satu penggagas acara menambahkan, sekarang ini hampir di setiap rumah sudah ada tanaman hias, sehingga sangat berpotensi untuk membuka ruang bisnis bagi siapa pun yang mau menjajal dengan serius.

“Sekarangan ini sektor ekonomi mikro sedang tumbuh seiring dinamika usaha di kalangan masyarakat (baca: bukan perusahaan) semakin banyak. Jadi tanaman hias pun tak menutup kemungkinan akan menciptakan pasar sendiri bak bola salju yang menggelinding semakin lama tentu bertambah besar. Selain itu pasarnya sudah tercipta sendiri,” pungkas Ahmad Sobari.

Mengusung tajuk Jombang Bertunas, dalam acara Pekan Tanaman Hias Jombang kali ini mendambakan munculnya wawasan baru dan pelaku usaha baru. Sehingga biarpun pandemi sedang berlangsung, tidaklah menutup daya untuk terus berkarya.

Reporter/Foto: Chicilia Risca Y./Istimewa

Lebih baru Lebih lama