GUDO – Sekolah ibarat muara pengetahuan. Guru adalah sosok yang sangat berpengaruh dalam muara tersebut. Oleh karenanya hubungan guru dan peserta didik harus dibangun dengan baik agar pembelajaran dapat berjalan beriring dan seimbang.

SDN Godong Gudo pun menyadari hal itu. Sehingga tak jarang melaksanakan pengembangan kompetensi yang dimiliki guru. Tujuannya tak lain untuk menciptakan pembelajaran yang bervariasi dan mampu memantik daya tarik peserta didik. Kalau itu sudah mampu diselenggarakan dengan baik, maka berbarengan juga fokus pembelajaran peserta didik.

Guru Kelas VI, SDN Godong Gudo, Sundari Wati, S.Pd. mengungkapkan bahwa keharmonisan hubungan dengan peserta didik dimulai antar guru sendiri. Jika guyup rukun maka dapat saling mengisi dan beriring menemukan bentuk pembelajaran yang majemuk sesuai dengan kondisi dari peserta didik.

Kalau gurunya patut untuk diteladani dengan sendirinya lingkungan belajar menjadi lebih nyaman bagi peserta didik. Aura positif pun bertebaran dan menuai hasil yang cemerlang.

“Dengan begitu, ketika terdapat kendala bisa dibicarakan dan dicarikan jalan keluarnya yang penuh kebijaksanaan. Termasuk hambatan saat pembelajaran itu sendiri,” jelas Sundari Wati.

Sependapat dengan pandangan Sundari Wati, Kepala SDN Godong Gudo, Asma’i, S.Pd. mengatakan bahwa lingkungan di tempat belajar harusnya kondusif dan nyaman untuk semua yang menempatinya. Guru adalah teladan, jadi harus mengawali dan memberikan teladan yang baik.

Baca Juga: Dusun Weru, Desa Mojongapit Geliat Kampung Jamu di Kota Seribu Pesantren

Asma’i mengungkapkan, “Kalau gurunya patut untuk diteladani dengan sendirinya lingkungan belajar menjadi lebih nyaman bagi peserta didik. Aura positif pun bertebaran dan menuai hasil yang cemerlang.”

Untuk itu walau masih dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) akibat pandemi Covid-19, SDN Godong Gudo terus menempa gurunya agar memiliki kompetensi yang profesional serta kepekaan lahir dan batin dalam mendidik. Dengan demikian, ketika Pembelajaran Tatap Muka (PTM) diselengarakan kembali iklim yang terbentuk penuh dengan semangat membara.

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Lebih baru Lebih lama