PERAK – Bakat dan minat peserta didik haruslah ditempa karena dapat menjadi pengantar membuka pintu gerbang masa depan lebih cerah. Mulai dari kegiatan akademik yang rutin digelar maupun non-akademik. SDN Kalang Semanding, Kecamatan Perak pun melakukannya. Bagi sekolah ini, mengakomodir bakat dan minat peserta didik merupakan salah satu tugas yang wajib diemban.

Guru Kelas V, SDN Kalang Semanding, Roby Cahyadi, A.Ma menuturkan bahwa pihaknya sangat mewadahi bakat dan minat peserta didik. Khususnya dalam ektrakurikuler drumband dan tari yang banyak dipilih oleh peserta didik. Selain mendatangkan instruktur yang berpengalaman, komunikasi dan koordinasi dengan wali peserta didik selalu dijalankan. Ihwal ini penting untuk semakin memunculkan dukungan sepenuhnya atas kegiatan positif peserta didik.

Memang sangat diwadahi bakat dan minat peserta didik. Khususnya dalam ektrakurikuler drumban dan tari yang banyak dipilih oleh peserta didik. Selain mendatangkan instruktur yang berpengalaman, komunikasi dan koordinasi dengan wali peserta didik selalu dijalankan.

“Penuh syukur ektrakurikuler sudah menuai prestasi sebagai Juara Harapan III, tingkat Kecamatan Perak. Saat ini ekstrakurikuler yang lekat dengan alat-alat musik perkusi ini memiliki anggota 45 peserta didik dari kelas I sampai dengan IV,” jelas Roby Cahyadi.

Guru Kelas I, SDN Kalang Semanding, Ratna Kulsum, S.Pd. tak menampik bila aktivitas peserta didik yang mendapat dukungan penuh dari sekolah, wali peserta didik, dan komite sekolah ini beberapa kali selama delapan tahun terakhir memperoleh hasil manis. Bukan saja soal juara, melainkan membina kemampuan non-akademi peserta didik sehingga lebih terarah serta tidaklah menghabiskan waktu dengan kegiatan yang sia-sia.

Baca Juga: Tradisi Clorotan, Dusun Banjarsari, Desa Kedungwinong Perwujudan Syukur dan Kerukunan

Ratna Kulsum yang juga sebagai instruktur ekstrakurikuler seni tari mengakui, “Peserta didik SDN Kalisemanding pernah meraih nominasi Juara I. Sebelum pandemi Covid-19 pun kerap diajukan mengikuti pelbagai kegiatan perlombaan baik tingkat kecamatan maupun kabupaten.”

Selain dengan wali peserta didik, SDN Kalang Semanding Perak juga tak ragu menjalin komunikasi apik dengan stakeholder lainnya, seperti perangkat Desa Kalisemanding. Tujuannya tak lain memperkenalkan keunggulan SDN Kalang Semanding dalam durmband dan tari. Dampaknya dapat menjadi suguhan dalam acara di desa dan menambah pengalaman sekaligus kepercayaan peserta didik.

Reporter/Foto: Donny Darmawan/Istimewa
Lebih baru Lebih lama