NASIONAL - Puasa bukan berarti menjadi halangan untuk berolahraga. Kalian bisa tetap melakukan olahraga saat tidak makan dan minum dari matahari terbit hingga terbenam. Berikut tips olahraga saat puasa.

Berpuasa bukan berarti mengisi waktu dengan hanya bermalas-malasan. Hal itu justru yang dapat menjadi penyebab peningkatan berat badanmu. Cobalah untuk menyisihkan sebagian waktumu untuk berolahraga.

Kalau tidak bisa olahraga berat, bisa melakukan yang ringan seperti berjalan kaki sambil menunggu waktu berbuka. Olahraga jalan kaki asal dilakukan rutin juga bisa membantu menurunkan berat badan saat puasa. Seperti apa tips olahraga saat puasa. Berikut saran dari para pakar olahraga:

Minum Air Putih yang Cukup
Minum air putih dalam jumlah cukup di waktu sahur dan berbuka. Menurut pelatih pribadi dan duta Bio-Synergy, Sunny Salique, minum air putih dapat membantu mengurangi risiko dehidrasi di siang hari, terutama jika berencana untuk berolahraga inten. Sunny Salique biasanya minum empat gelas besar air saat sahur untuk memastikan saya terhidrasi sepanjang hari.

Olahraga Meski Hanya 10 Menit per Hari
Tips olahraga saat puasa berikutnya adalah lakukan aktivitas fisik meski hanya dalam waktu singkat, setidaknya 10 menit. Jika tidak memiliki tenaga untuk berolahraga selama 45 menit, pertimbangkan aktivitas ringan apa pun yang bisa dilakukan. Pelatih olahraga di fitnessrebornuk1, Nazia Khatun mengatakan lakukan peregangan, lakukan yoga, jalan-jalan, apa pun jenis gerakan yang ingin dilakukan, lakukan saja.

Olahraga menurut Nazia Khatun dapat membantu memperbaiki kesehatan mental, apalagi di masa pandemi Korona ini. Dan tahukah kamu kalau duduk atau tiduran sepanjang hari justri bisa membuat kamu merasa lebih lelah.

Baca Juga: SDN Tanggungan Gudo Kebersihan Sebagai Pilar Pendidikan Karakter

Waktu Olahraga yang Tepat Saat Puasa
Menurut Sunny Salique waktu olahraga yang tepat saat puasa bisa berbeda-beda untuk setiap orang. Yang terpenting adalah menemukan waktu olahraga terbaik untuk kalian. Dia mengatakan berlatih di malam hari, beberapa jam setelah berbuka puasa, karena itu berarti bisa minum air selama berolahraga dan tidak khawatir tentang dehidrasi.

Sementara itu pemilik layanan olahraga pribadi khusus wanita, Souad Gharib mengatakan olahraga di pagi hari membantunya merasa berenergi sepanjang hari, terutama ketika rasa lapar dan kelelahan biasanya muncul. Menurutnya berolahraga sebelum berbuka puasa bermanfaat baginya, karena secara pribadi dia merasa memiliki lebih banyak energi jika melakukannya di pagi hari.

Cobalah Latihan Kekuatan
Jika kalian penggemar olahraga HIIT, mungkin tergoda untuk mengikuti jadwal kardio seperti biasa. Tetapi para pakar menyarankan untuk beralih ke olahraga yang tidak terlalu intens dengan repetisi lebih rendah dan lebih banyak waktu istirahat.

Souad Gharib mengatakan suka berolahraga selama Ramadan, dan biasanya memilih untuk melakukan latihan kekuatan. Dengan cara itu dia tetap dapat melanjutkan olahraga seperti biasanya tetapi tidak berolahraga dengan cara yang membuat dia banyak berkeringat dan merasa haus.

Makan Sahur yang Mengenyangkan

Sunny Salique menambahkan makan sahur yang baik, yang mengandung karbohidrat kompleks. Bagi dia makan sahur adalah yang banyak gandum dan kacang-kacangan dengan kurma dan pisang, karena itu akan membuat energi kalian keluar lebih lambat sepanjang hari dan membuat kenyang lebih lama.

Luangkan Waktu untuk Pemulihan
Setiap program olahraga membutuhkan istirahat yang cukup juga di dalamnya. Tapi ketika kamu bangun dini hari untuk ibadah dan sahur mungkin sulit untuk mendapatkan waktu tidur yang dibutuhkan. Menurut Souad Gharib, tidur siang sangat penting untuk pemulihan. Dia biasanya kembali tidur setelah salat subuh, tidur sebentar, lalu berolahraga jam 9 pagi. Sementara Sunny Salique mengatakan dia tidur siang saat sore sampai waktunya berbuka, untuk menyegarkan diri.

Konsumsi Makanan yang Disukai
Nazia Khatun menjelaskan Ramadhan bukanlah waktu untuk diet. Jika kalian makan dalam jumlah yang cukup dan tetap memperhatikan porsi makan dengan tidak berlebih, itu akan membuatmu merasa lebih baik saat menjalani puasa Ramadhan dan meningkatkan energi kalian.

Sumber/Foto/Rewrite: detik.com/Antaranews/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama