BANDAR KEDUNGMULYO – Usia emas seorang anak harus dimanfaatkan dengan baik, sehingga ketika mempersiapkan masa depannya akan berjalan lancar tanpa adanya kendala yang berarti. Oleh karenanya, guru sebagai orangtua kedua di sekolah harus mampu masuk ke relung sanubari anak didik. Dengan demikian, memudahkan memasukan segenap asupan pembelajaran yang hendak dicapai.

Langkah ini pun dilakukan oleh TK Dharma Wanita Kayen, Kecamatan Bandar Kedungmulyo saat mengenalkan segenap profesi yang ada kepada anak didiknya. Menurut Kepala TK Dharma Wanita Kayen, Enik Yustinah, S.Pd. Aud. bahwa dalam mendalami profesi yang ada anak didik harus dibuat bergembira. Tak ayal ketika materi pembelajaran bermain peran, dengan sendirinya terjadi proses pembelajaran tanpa disadari secara langsung.

Memerankan profesi yang dilakukan oleh anak didik membuat mereka akan belajar tentang realita yang ada.

“Sewaktu memerankan profesi tertentu, maka anak didik akan berbaur dengan lingkungannya agar mengenal dan memahami profesi tersebut. Dalam proses inilah, terjadi kesinambungan pembelajaran yang menyenangkan,” terang Enik Yustinah.

Baca Juga: EHB BKS Membaca Hasil Pembelajaran Jarak Jauh

Senyampang itu anak didik akan mengenal tentang perbedaan di masing-masing profesi, sambung Enik Yustinah. Walaupun terkesan biasa saja, tetapi sesungguhnya memiliki peranan yang berarti. Apalagi ketika anak didik mempraktikan cara bekerja di tiap-tiap profesi yang diperankan.



Guru Kelompok B1, Putri Rita Saputri, S.Pd menyepakati bahwa pembelajaran itu harus lebih banyak praktik. Alasannya melihat latar dunia anak yang kaya permainan. Membuat anak didik merasa sedang bermain, bukannya belajar. Namun muatan pembelajaran dengan sendirinya telah dipelajarinya.



Putri Rita Saputri mengatakan, “Memerankan profesi yang dilakukan oleh anak didik membuat mereka akan belajar tentang realita yang ada. Bahkan secara rutin sebelum pandemi Covid-19 pun, diadakan bazar. Menjadikan anak didik kian percaya diri serta mempelajari cara berkomonukasi yang baik saat menjadi penjual maupun pembeli.”

Reporter: Donny Darmawan

Data TK Dharma Wanita Kayen Bandar Kedungmulyo

Jumlah Guru : 5

Jumlah Anak Didik : 57 Anak Didik

Sertifikasi Pengajar : 4 Guru

Fasilitas : 1 Kantor, dan 2 Ruang Kelas.

Alamat : Kompleks Masjid Muldoko, Jalan Raya Jombang - Madiun

Lebih baru Lebih lama