PETERONGAN –
Pesantren merupakan basis pendidikan tertua di negeri ini. Bahkan dari pesantren jugalah terjadi afisiliasi pendidiakan dengan ragam ilmu pengetahuan umum lainnya. Itulah yang terpotret dari kerjasama yang dijalankan oleh Universitas Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang dengan Institut Francis Indonesia (IFI) dari Kementerian Pendidikan dan Olahraga Prancis.

Atas komitmen yang telah terbangun sejak 2007 ini, Unipdu Jombang mendapatkan pengharagaan Palmes Academiques melalui Hj. Afifa Syamsun Zulfikar, S.S., M.Sc. yang merupakan Dosen Program Studi Sastra Inggris atas komitmennya selama ini. Selain itu perempuan berhijab ini juga banyak mengantarkan mahasiswa Unipdu Jombang melanjutkan pendidikan di Negeri Napoleon Bonaparte tersebut.

Pastinya penghargaan ini bukan bagi saya saja. Melainkan juga keluarga besar Unipdu Jombang yang telah memberikan amanahnya kepada saya. Harapan saya bahasa dan budaya Prancis makin digemari oleh para santri yang juga memupuk pendidikan di Unipdu Jombang.

Penyerahan berlangsung pada Selasa (27/4) di Auditorium Unipdu Jombang. Bagi perempuan kelahiran Jakarta, 18 April 1968 ini merupakan momentum yang sangat bersejarah dalam hidupnya.

Baca Juga: Pos Damkar di Kecamatan Pemadaman Si Jago Merah Lebih Cepat

“Pastinya penghargaan ini bukan bagi saya saja. Melainkan juga keluarga besar Unipdu Jombang yang telah memberikan amanahnya kepada saya. Harapan saya bahasa dan budaya Prancis makin digemari oleh para santri yang juga memupuk pendidikan di Unipdu Jombang,” ungkap Afifa Syamsun Zulfikar dengan mata berbinar bahagia.



Diakui juga oleh Konselor Kerja Sama Kedutaan Bahasa Prancis, Sthepane Dovert bahwa Unipdu Jombang merupakan salah satu perguruan tinggi dari 31 yang telah menjalin kerja sama dengan pihaknya. Lelaki berkacamata ini juga mengakui sebagai sebuah kebanggan dapat bekerja sama dengan Unipdu Jombang yang berlatarbelakang keagamaan.



Rektor Unipdu, Prof Ahmad Zahroh, MA, mengungkapkan bahwa moment penghargaan ini bisa menjadi perekat pergaulan pesantren dengan dunia internasional. Sehingga memberikan dampak baik karena mampu menghasilkan generasi dengan penuh kompetisi, bukan saja di negeri sendiri melainkan juga di dunia luar.

Wakil Bupati Jombang Sumrambah yang turut hadir memberikan apresiasi atas kerja sama yang baginya sebagai cambuk luar biasa agar Kota Santri tetap menjaga kualitas pendidikan kedepannya. Lebih lanjut, penghargaan yang dicapai Unipdu Jombang sebagai bukti pendidikan di pesantren tidaklah terkungkung.



Tetapi terbuka dalam mentap kemajuan dunia dengan bekal yang matang. “Prestasi ini dapat dijadikan tonggak untuk terus produktif dan melahirkan tokoh baru dari kalangan pesantren,” tutup Sumrambah dalam sambutannya.

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Lebih baru Lebih lama