GUDO – Bagi Ainun Fuadah, S.Pd.Si., M.Pd mendidik adalah panggilan jiwa. Tidak boleh setengah-setengah, Harus penuh totalitas dalam menjalankan profesinya. Itulah yang tercitra dari Pamong Belajar di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Gudo, Ainun Fuadah, S.Pd.Si., M.Pd. yang mulai menumpahkan seluruh hidupnya di bidang pendidikan non-formal semenjak 2015.

Menurut perempuan yang ramah nan murah senyum ini, keinginan mendedikasikan dirinya di bidang pendidikan sudah ada semasa menempuh perkuliahan hingga aktif berorganisasi. Di sana dia menyadari bahwa dimensi keilmuan sangatlah luas. Jadi, sangat disayangkan apabila tidaklah diamalkan kepada masyarakat.

“Pengalaman menimba S1 dan S2 di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta serta turut tergabung dalam Lembaga Kajian Islam dan Sosial (LKIS) di sana membuat saya semakin yakin untuk mengabdikan ke aktivitas pendidikan khususnya di tanah kelahiran,” ungkap Ainun Fuadah.

Keinginan mendedikasikan dirinya di bidang pendidikan sudah ada semasa menempuh perkuliahan hingga aktif berorganisasi. Di sana dia menyadari bahwa dimensi keilmuan sangatlah luas. Jadi, sangat disayangkan apabila tidaklah diamalkan kepada masyarakat.

Juara I Seleksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berprestasi tahun 2020 akhirnya diraih oleh ibu satu putra ini. Hasil Best Practice yang disusunnya menyoal tentang kemampuan Berbahasa Inggris bagi warga belajar Paket C.

Dia meyakini meskipun ditingkatan pendidikan non-formal tak sepatutnya memandang sebelah mata. Justru selaiknya optimis bahwa mampu mempelajari bahasa asing yang pasti akan bermanfaat nantinya.

Baca Juga: Vony Prillianti PPT Pompa Semangat Belajar

Ainun Fuadah menjelaskan, “Warga belajar Paket C tidak perlu dibebani pembelajaran Bahasa Inggris yang rumit. Cukup mengenal kosakata Bahasa Inggirs dan memahami cara berkomunikasinya atau penuturannya.”

Sejauh ini sudah dipraktikkan langsung oleh Ainun Fuadah kepada warga belajar Paket C di SKB Gudo. Setidaknya dalam satu pekan akan ada pertemuan dua kali membahas pembelajaran Bahasa Inggris. Itu pun menyesuaikan juga jadwalnya dengan warga belajar agar bisa hadir keseluruhannya.

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Biodata Ainun Fuadah

Tempat, Tanggal, Lahir : Jombang 22 September 1986

Pendidikan :

S1 Pendidikan Fisika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2008.

S2 Pendidikan Fisika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2012.

Karier :

Dosen Luar Biasa Prodi Pendidikan Fisika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2013-2014.

Pamong Belajar SKB Gudo 2015-sekarang.

Lebih baru Lebih lama