JOMBANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jombang terus melakukan pembenahan dan pembaharuan data pemilih di Kota Santri per bulannya. Hal itu guna menfasilitasi hak pilih masyarakat dalam rangkaian kegiatan pesta demokrasi di negeri ini. Oleh karenanya, dilakukanlah Rapat Koordinasi Daftar Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021 pada Kamis (29/4) secara virtual.

Ketua KPU Jombang, Athoillah dalam sambutannya menuturkan kegiatan rutin yang telah diintruksikan oleh KPU RI ini perlu dukungan dari semua pihak. Tiada lain supaya pemutahiran data pemilih dapat lebih akurat dan terus terbarukan.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Komisioner KPU, Bidang Perencanaan Data dan Informasi, Abdul Wadud Burhan Abadi, dari 21 kecamatan yang terdiri dari 306 desa/kelurahan tercatat per April 2021 terdapat jumlah pemilih 1.006.871 jiwa. Rinciannya pemilih laki-laki sebanyak 502.827 jiwa dan perempuan mencapai 503.884 jiwa. Itu artinya dari kuartal Maret hingga April 2021 mengalami kenaikan hingga total pemilih 1.006.312 jiwa berarti ada penambahan mencapai 359 jiwa.

Baca Juga: Dumas Arsita, Inovasi Penertiban Jalur T

Terjadinya perubahan itu tak lepas adanya pemilih yang meninggal maupun baru. Apalagi setelah KPU Jombang melayangkan surat koordinasi data peserta didik yang notabene adalah pemilih pemula ke Cabang Dinas (Cabdin) Pendidikan Provinsi Jawa Timur di Jombang serta Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jombang.

Untuk itu Abdul Wadud Burhan Abadi mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan pelbagai pihak. Diantaranya juga Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Polres, maupun Kodim 0814 Jombang.

Reporter/Foto: Dy/Hupmas

Lebih baru Lebih lama