Peserta didik Kelas VI berdoa setelah mengerjakan soal ujian kenaikan kelas dan bersiap untuk pulang kerumah masing-masing. (donny)


PLANDAAN – Demi memberikan yang terbaik untuk peserta didik, tak ada kata menyerah bagi sembilan guru SDN Plabuhan III Plandaan. Para guru itu harus berjuang melewati medan yang tak biasa ketika berangkat dan pulang mengajar. Ketika musim hujan, perbukitan nan terjal dan berlumpur selalu menghadang.

Kepala SDN Plabuhan III Plandaan, Suparmono, S.Pd. mengakui bahwa guru di sekolah yang dipimpinnya terbilang memiliki mental dan tenaga baja. Bagaimana tidak, saat berangkat ke sekolah saja mereka harus melalui medan yang sukar. Demikian ketika aktivitas pembelajaran, pelbagai dinamika selalu ditemui, khususnya dalam mengkondisikan ketenangan peserta didik di kelas.

Guru di SDN Plabuhan III Plandaan terbilang memiliki mental dan tenaga baja. Bagaimana tidak, saat berangkat ke sekolah saja mereka melalui medan yang sukar. Demikian ketika aktivitas pembelajaran, pelbagai dinamika selalu ditemui khususnya dalam mengondisikan ketenangan peserta didik di kelas.

“Selain itu terbatasnya ruang kelas pun tak menyurutkan dalam memberikan pembelajaran yang paripurna. Di sini ada dua ruang kelas. Tiap kelasnya dibagi menjadi tiga ruang. Sehingga mampu membentuk kelas I sampai dengan kelas VI,” ungkap Suparmono.

Baca Juga: Komunikasi Jelang Akreditasi

Lebih lanjut Suparmono mengatakan, adanya Bantuan Oprasional Sekolah (BOS) semakin menambah semangat belajar peserta didik yang rata-rata berasal dari Dusun Sumberpelas, Desa Plabuhan. Sebab, diutamakan untuk kebutuhan belajar peserta didik baru kemudian perbaikan fasilitas yang mengalami kerusakan.

Kepala SDN Plabuhan III Plandaan, Suparmono. S.Pd.

Selain itu sekolah yang sudah berdiri sejak1987 ini tidak menampik pentingnya menjaga harmonisasi kondisi internal dan ekternal. Menurut Guru Kelas VI, SDN Plabuhan III Plandaan, Devi Saraswati, S.Pd.SD iklim yang positif sudah dibangun secara matang sedari mendapatkan tugas mengajar di sekolah tersebut. Sehingga kondisi ini turut menciptakan suasana pembelajaran yang asyik. Antar guru saling membantu, demikian peserta didik secara mandiri dapat meneladani.

Ruang kelas SDN Plabuhan III Plandaan yang terbagi menjadi tiga kelas dalam satu ruangan. Kondisi ini karena keterbatasan gedung dan dana Bantuan Operasional Sekolah yang belum mencukupi. (donny)

Devi Saraswati mengatakan, “Terbentuknya harmonisasi ini jelas memberikan dampak yang baik. Khususnya dalam mendulang prestasi dan keberlanjutan pendidikan ke jenjang berikutnya. Terbukti ada alumni dari SDN Plabuhan III yang berhasil melanjutkan studinya di perguruan tinggi terkemuka di Malang dengan mengambil jurusan hukum.”

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Prestasi SDN Plabuhan III Plandaan

a. Juara II Kompetisi Bola Voli Se Kecamatan Plandaan tahun 2017

b. Urutan VI OSN IPA Se Kecamatan Plandaan tahun 2019

Lebih baru Lebih lama