Camat Ploso, Drs. Suwignyo, M.M, saat ditemui Majalah Suara Pendidikan di ruangannya. (Rabithah)


PLOSO – Pelayanan publik di Jombang terus ditingkatkan. Stigma pelayanan bertele-tele dengan oknum nakal di baliknya perlahan terhapus. Berganti pelayanan yang baik serta membantu masyarakat. Hal inilah yang terus dilakukan oleh Kecamatan Ploso.

Camat Ploso, Drs. Suwignyo, M.M mengatakan, sebelum memberikan pelayanan, seluruh komponen individu di Kecamatan Ploso harus memahami seluk-beluk berkenaan dengan menu pelayanan. Sehingga ketika ada masyarakat yang datang, dapat segera terbantu.

“Dari awal telah kami jelaskan dan membangun komitmen pula dengan seluruh pegawai yang ada di Kantor Kecamatan Ploso. Begitu juga pelbagai instansi lain yang masih terkait hubungan kerjanya baik langsung maupun tidak. Mengusung motto kinerja dengan pola Cepat, Efektif, Ramah, Mudah, Akuntabel, dan Tertib atau disingkat menjadi CERMAT merupakan sebuah ikhtiar mendasar kami,” terang lelaki yang berpakaian rapi klimis tersebut.

Di era milenial seperti sekarang ini tak ada yang sukar. Termasuk ketika memberikan layanan publik yang sangat bermacam-macam. Dengan pelbagai ragam inovasi yang dituangkan dapat menjadi gerbang pembuka dalam mempermudah layanan tersebut.

Suwignyo menambahkan, menciptakan Birokrasi Bersih dan Melayani Hati (Beraksi Melati) merupakan yang dicita-citakan. Biar pun mulanya terasa sulit sebab banyak godaan, tetapi dengan penuh keteguhan berusaha untuk mewujudkan harapan guna menanamkan etika yang baik. Akhirnya pelan-pelan mampu membentuk karakter bekerja sesuai harapan.

Baca Juga: Program Pembangunan Rumah Laik Huni Upaya Memerdekakan Rakyat

“Cukup banyak pelayanan yang telah berubah di sini. Baik dari segi infrastruktur maupun Sumber Daya Manusia. Misalkan saja dari memprioritaskan masyarakat disabilitas, manula, maupun ibu hamil. Kemudian juga sudah ada ruang laktasi, tempat bermain anak, serta pojok baca. Tidak ketiggalan disediakan mesin antrean dan cetak ganda baik untuk kebutuhan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK). Masyarakat kian dipermudah dan cepat dalam pengurusan administrasi kependudukan,” sambungnya.

Semakin lengkap dengan hadirnya aplikasi Pepeng Markeso atau Peduli Pengaduan Masyarakat Kecamatan Ploso dan Sistem Aplikais Produk Kependudukan (Selamat Pagi). Aplikasi itu melayani kepengurusan surat kelahiran, kematian, pindah datang, pindah pergi dengan statistik yang otomatis terdata. Jadi, tak ada masyarakat yang bakal kesulitan. Juga untuk mengurangi praktik tidak terpuji lainnya.

Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab saat memberikan piagam penghargaan kepada Camat Ploso Drs. Suwignyo, M.M. (ist)

Berkat perubahan besar ini, Kecamatan Ploso meraih Juara 1 dengan kategori Top Inovasi oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang pada (30/6). Penghargaan itu diberikan langsung oleh Bupati Hj. Mundjidah Wahab di halaman Kantor Pemkab Jombang.

Dalam sambutannya yang dikonfirmasi dalam laman jombangkab.go.id bupati perempuan pertama di Jombang ini sangat mengapresiasi. Tak lupa meminta sejumlah kecamatan lain meneladaninya bahkan memberikan yang lebih. Menurutnya, ragam bentuk pelayanan kepada masyarakat sangat banyak dan besar kemungkinan dapat diberikan oleh setiap kecamatan.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

Lebih baru Lebih lama