Penyerahan perangkat media pembelajaran berupa laptop oleh Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana SMP, Pelaksana Pembina Karakter, Sukiswanto kepada Kepala SMP Negeri 3 Mojoagung, Rudhi Atmoko, M.Pd. (Rabithah)


JOMBANG – Pelaksanaan pembelajaran dengan metode daring (dalam jaringan) erat kaitannya dengan penggunaan media elektronik. Bak pedang di kala perang, bagi tenaga pendidik maupun peserta didik diwajibkan memiliki alat komunikasi untuk mempelancar proses pembelajaran. Untuk itu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang melakukan pengadaan media pembelajaran berupa komputer jinjing bagi satuan pendidikan jenjang SMP.

Bertempat di gedung B Disdikbud Kabupaten Jombang, acara serah terima komputer jinjing dengan spesifikasi mumpuni yaitu Acer C733 Celeron, ChromeOS + Chrome Edu Upgrade 11,6 Inch, garansi 1/1/0(P/L/O) dan alat peraga pendidikan diserahkan secara bergantian menyesuaikan protokol kesehatan. Dimulai pukul 08:00 hingga pukul 10:00 WIB.

Kepala Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana, Bidang Pembinaan SMP, Disdikbud Kabupaten Jombang, Agus Daryanto, S.Sos. memaparkan, pengadaan media pembelajaran ini berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang proses pengajuan datanya sudah dirampungkan pada tahun 2020.

Pengadaan media pembelajaran ini berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang proses pengajuan datanya dirampungkan pada tahun 2020. Jadi hampir setiap tahun ada pengadaan media pembelajaran, satuan pendidikan yang tahun ini belum lolos pengadaan maka akan mengajukan lagi tahun depan. Namun tetap menyesuaikan dengan jumlah peserta didik yang dimiliki.

Jadi hampir setiap tahun ada pengadaan media pembelajaran, satuan pendidikan yang tahun ini belum lolos, maka akan mengajukan lagi tahun depan. Namun tetap menyesuaikan dengan jumlah peserta didik yang dimiliki.

“Anggaran dana untuk pengadaan media pembelajaran tahun ini kalau dikalkulasikan berjumlah sekitar Rp 2,6 miliar. Dengan rincian per sekolah menerima 45 unit laptop harga satuan Rp 6.810.000. Nah, apabila dikali 45 menjadi Rp 306.450.000. Sedangkan untuk alat peraga sejumlah tiga buah dengan harga satuan Rp 6.825.000 dikali 3 menjadi Rp 20.475.000,” terang lelaki bertubuh tambun ini.

Baca Juga: Pertalian Antar Komponen Cegah Learning Loss

Harapannya setelah penerimaan media pembelajaran ini, pihak satuan pendidikan dapat menggunakan semaksimal mungkin saat pembelajaran daring. Baik bagi guru untuk menyusun perangkat pembelajaran dan untuk peserta didik sebagai pengetahuan Teknologi Informasi dan komunikasi (TIK). Tidak kalah pentingnya juga pemeliharaan yang harus dilakukan serta keamanan perlu diprioritaskan,” sambungnya.

Pengisian berita acara serah terima barang oleh Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana SMP, Pelaksana Pembina Karakter, Sukiswanto kepada Kepala SMP Negeri 1 Megaluh, Drs. Tamamul Badri. (Rabithah)

Pelaksana Pembina Karakter, Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana, Bidang Pembinaan SMP, Sukiswanto menambahkan, dalam pengadaan madia pembelajaran tahun ini terdapat delapan satuan pendidikan yang menerima. Di antaranya adalah SMP Negeri 1 Megaluh, SMP Negeri 1 Wonosalam, SMP Negeri 2 Wonosalam, SMP Negeri 1 Plandaan, SMP Negeri 2 Plandaan, SMP Negeri 3 Mojoagung, SMP Negeri 1 Jogoroto, dan SMP Negeri Satu Atap Pengampon Kabuh.

Kepala Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana SMP, Disdikbud Kabupaten Jombang, Agus Daryanto, S.Sos. (ist)

Kepala SMP Negeri 2 Plandaan, Drs. Bambang Setiyawan. M.Ed., mengatakan, serah terima media pembelajaran oleh Disdikbud Kabupaten Jombang ini momentumnya sangat pas dengan sistem pembekajaran daring yang saat ini dilaksanakan tahun pelajaran 2021/2022. Media pembelajaran ini bisa diperuntukkan bagi guru atau peserta didik yang terkendala alat komunikasi pribadi.

Kepala SMP Negeri 2 Plandaan, Drs. Bambang Setiyawan. M.Ed. (Rabithah)

“Kami sudah menyiapkan tempat khusus berupa Lab TIK untuk menyimpan, dengan piranti tambahan seperti meja, kabel penghubung, dan jaringan Wifi yang memadai. Juga sudah menunjuk operator untuk memelihara media pembelajaran ini agar berfungsi dengan semestinya,” ujar Bambang.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

Lebih baru Lebih lama