Beberapa guru nampak bergotong-royong membersihkan dan merapikan taman sekolah. (donny)


MOJOWARNO – Lingkungan sekolah yang indah nan asri menciptakan kenyamanan tersendiri. Selain mampu menjernihkan pikiran dari kepanatan pelbagai rutinitas, juga membangun suasa yang sangat mendukung terutama dalam pembelajaran. Oleh karena itu, SDN Rejoslamet I Mojowarno mencoba merehabilitasi taman sekolah agar tampak lebih elok dipandang dan semakin melengkapi fasilitas sekolah sebagai sarana penunjang dalam pembelajaran.

Diungkapkan Kepala SDN Rejoslamet I Mojowarno, Subekti, S.Pd. bahwa rehabilitasi taman sebelumnya diusulkan para guru. Hal ini mengingat keberadaan taman itu di muka sekolah sehingga akan tampak langsung dari luar. Juga akan memberikan citra tersendiri bagi masyarakat.

Pada umumnya sudah mengetahui sekolah sebagai tempat pembelajaran. Sehingga perlu diciptakan atmosfir pembelajaran yang menyejukkan bagi civitas di dalamnya. Salah satunya adalah seperti yang dilakukan SDN Rejoslamet I Kecamatan Mojowarno dengan memperindah taman sekolah. Selain akan memberikan penyegaran dalam aktivitas di sekolah, dapat dimanfaatkan juga sebagai sarana media pembelajaran yang lain.

“Perbaikan ini tentunya semakin menumbuhkan kepercayaan wali peserta didik ketika menitipkan buah hatinya untuk menempuh pendidikan di sini. Selain serius menata lingkungan sekolah, selaras dengan itu juga memperhatikan kualitas pembelajaran peserta didik,” ungkap Subeki.

Baca Juga: Kreatif dan Berkarya di Tengah PJJ

Dikatakan Guru Kelas I, SDN Rejoslamet I Mojowarno, Sri Rahayu, S.Pd. bahwa kepala sekolah memberikan keleluasaan untuk mengeksplorasi ide dan konsep rehabilitasi taman. Untuk itulah, bersama dengan rekan guru lainnya tak henti mencari contoh gambaran taman yang sesuai jika diterapkan di sekolah yang telah berdiri sejak 1961 tersebut.

Kepala SDN Rejoslamet I Mojowarno, Subeki, S.Pd. (donny)

Sri Rahayu memaparkan, “Kami tak hanya mencari melalui internet. Melainkan melihat langsung sejumlah sekolah yang memiliki taman bagus. Selanjutnya jika dirasakan tepat dan serasa diimplementasikan di sekolah, maka kami diskusikan kembali dan menyepakati model taman yang akan digarap nantinya.”

Kondisi sudut timur taman SDN Rejoslamet I Mojowarno. Pada program yang telah disusun, proses perbaikan akan berlangsung pada tahun 2021 ini. (donny)

Keberadaan taman sekolah yang baru diharapkan mampu membuncahkan semangat yang menyegarkan juga bagi peserta didik ketika pembelajaran reguler mulai resmi dilangsungkan. Senyampang itu juga mampu menjadi jembatan dalam berkolaborasi melaksanakan pembelajaran di seputaran taman tersebut. Sehingga tak hanya mempercantik lingkungan sekolah, melainkan mampu menjadi media pembelajaran alternatif.

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Lebih baru Lebih lama