Ilustrasi orangtua mendongeng bersama anaknya. (ist)


NASIONAL - Terbatasnya pergerakan dan interaksi anak usia dini dengan teman sebaya di tengah pandemi Covid-19 bukan berarti membatasi stimulasi kemampuan sosial dan emosi anak. Termasuk stimulasi untuk menumbuhkan karakter positif. Pendidik Rumah Main Cikal, Wike Yuniati menyebut ada cara efektif yang bisa dilakukan orangtua atau pengasuh di rumah untuk bisa membimbing anak menumbuhkan karakter positif.

Wike Yuniati melanjutkan kegiatan mendongeng dengan menggunakan karakter hewan melalui media pendamping seperti boneka tangan atau buku bacaan anak, merupakan salah satu sarana menumbuhkan stimulasi dan karakter positif anak.

Wike Yuniati menjelaskan karakter hewan itu adalah sarana bagi orang tua bercerita. Boleh karakter hewan apapun sebagai upaya menumbuhkan stimulasi dan karakter positif dalam cerita dengan interaksi yang bermakna.

Baca Juga: Meninjau Kemujaraban Asesmen Nasional

Manfaat Dongeng Dengan Karakter Hewan

Menurut Wike, terdapat beberapa manfaat yang diperoleh anak saat membangun cerita dengan karakter hewan, antara lain:

Mengasah Kesadaran Diri Dan Manajemen Diri Sendiri
Ketika anak memahami nilai cerita, dia juga akan mulai memahami diri dan akan belajar mengendalikan diri. Misalnya, apa yang akan ia lakukan ketika sedih atau marah.

Mengasah Kesadaran Sosial Dan Emosional Anak
Anak akan memahami bahwa hidup terdapat banyak pihak yang berkaitan satu sama lain, misalnya dengan orang tua dan teman-teman di sekitarnya.

Membangun Kedekatan Dengan Orang Tua

Bercerita dengan media boneka atau karakter hewan, orang tua dan anak pun akan membangun kedekatan lagi di masa pandemi ini.

Mengasah Kemampuan Interaksi Dan Empati
Dengan alur cerita dan praktik baik dalam cerita, anak pun akan mulai memahami cara membangun interaksi dengan teman sebaya. Dia pun akan mulai memiliki pemahaman tentang nilai dan norma, serta mengasah kemampuan empatinya dalam membangun interaksi dengan orang lain.

Sumber/Rewrite: kompas.com/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama