Admin sedang melakukan sinkronisasi SILPA. (Chicil)


JOMBANG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang, saat ini sedang melakukan sinkronisasi Sisa Lebih Anggaran Tahun Berkenaan (SILPA) 2021. Hal ini dikarenakan setiap satuan pendidikan selama satu tahun anggaran masih banyak yang belum menghabiskannya. Oleh karenanya, kelebihan anggaran itu harus dimasukkan ke dalam SILPA.

Pelaksana Pengelola Kegiatan dan Anggaran, Sub Bagian Penyusunan Program dan Evaluasi, Disdikbud Kabupaten Jombang, Weni Siswin Agustin, S.Sos. menjelaskan, pihaknya sedang melakukan penyesuaian terhadap SILPA dari ketidakterserapan anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun 2020.

Baca Juga: Rapikan Data Ganda PTK

Akan diseragamkan antara Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS). Kalau ada perbedaan atau selisih antara SILPA dan ARKAS maka dilakukan klarifikasi lebih lanjut.

Barulah ketika sudah sesuai, maka masuk ke dalam Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah atau P-APBD yang biasanya dilaksanakan pada September. Berikutnya dapat digunakan pada bulan kedepannya. “Tahun anggaran 2021 SILPA mencapi Rp 9,8 miliar. Lebih sedikit jika dibandingkan pada 2020, yakni sebesar Rp 10,6 miliar,” kata Weni Siswin Agustin merinci.

Reporter/Foto: Chicilia Risca Y.

Lebih baru Lebih lama