Ilustrasi guru sedang mengajar peserta didik. (ist)


NASIONAL – Peserta didik pernah merasakan kesulitan dalam memahami materi pelajaran? Mungkin perlu menemukan metode lain agar tetap bisa fokus belajar. Seperti yang diketahui, setiap anak memiliki kecenderungan dalam minat yang berbeda-beda termasuk cara belajar. Hal ini juga membuat pemahaman materi pelajaran setiap anak di sekolah memiliki perbedaan.

Peserta didik tidak perlu khawatir apabila mendapatkan kesulitan dalam memahami pelajaran. Kalian bisa lakukan beberapa cara untuk mengatasinya. Merangkum dari laman Badan Pendidikan Kristen (BPK) Penabur, berikut tips memahami materi pelajaran dengan cepat.

Membuat Catatan Kecil
Dibanding menghafal semua materi saat belajar, kalian bisa mencoba membuat catatan kecil dari materi tersebut. Catatan tersebut ditulis dengan poin-poin penting yang kalian pahami.

Misal ketika guru sedang menyampaikan materi, tulis hal-hal penting di sticky notes. Misalnya rumus phytagoras, rumus tenses, dan buat kata kunci yang mudah diingat. Dengan menulis, kalian sambil mengingat kembali pelajaran. Kemudian tempel di tempat-tempat yang sering kalian lihat. Dinding, kamar, cermin, atau buku.

Menandai Hal Penting
Saat mulai membaca, kalian bisa menandai atau menggarisbawahi hal-hal penting dengan pen berwarna. Cara ini akan memudahkan ketika mencari materi yang dibutuhkan karena menghemat waktu.

Baca Juga: Tanda Anda Terlalu Sibuk Bekerja dan Perlu Istirahat

Membuat Mind Map
Cara memahami materi pelajaran lainnya adalah dengan menggunakan mind map. Dengan cara ini kalian bisa lebih menghemat jam belajar serta lebih siap menghadapi ujian. Mind mapping merupakan proses pemetaan pikiran untuk menghubungkan konsep-konsep permasalahan tertentu.

Tulisan yang dihasilkan adalah gambaran langsung dari cara kerja koneksi dalam otak. Cara ini juga dapat mengembangkan cara berpikir kreatif. Sangat penting untuk masa depan kalian nanti. Kalian bisa menghubungkan materi-materi yang sudah dipahami dalam sebuah bagan atau gambar agar lebih mudah untuk mempelajarinya kembali.

Perbanyak Latihan Soal
Tentu poin ini tidak bisa dilewatkan karena semakin banyak berlatih kamu akan semakin mengetahui berbagai jenis persoalan. Cara ini sangat efektif untuk memahami materi pelajaran dengan cepat karena kalian harus menemukan solusi dari soal-soal tersebut.

Studi Kasus
Ada beberapa materi yang sedikit sulit dipahami hanya dengan mengikuti pedoman teori. Oleh sebab itu, studi kasus atau membuat peragaan bisa jadi pilihan yang tepat. Dengan cara ini, kamu akan dihadapkan dengan sebuah kasus, sehingga mampu memvisualkan teori dan jadi lebih mudah paham.

Brainstorming
Brainstorming bisa menjadi alternatif ketika kalian bosan belajar sendiri dan memiliki kebuntuan pada sebuah materi pelajaran. Dengan brainstorming kalian bisa bertukar serta memperluas ide yang kalian dan teman-temanmu miliki. Saat proses ini berlangsung, tidak ada salah dan benar karena semua sama.

Proses ini juga akan memberi pengetahuan yang lebih luas. Selain itu, melakukan brainstorming juga bisa menambah semangat belajar.

Sumber/Rewrite: detik.com/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama