Ekspresi kebahagiaan Hanik atas prestasinya sebagai Guru Prestasi Tingkat Kabupaten Jombang Tahun Pelajaran (Tapel) 2021/2022. (Donny)

GUDO – Memang tak salah pepatah lama mengatakan pengalaman adalah guru yang berharga. Hal inilah yang tercermin dari keberhasilan Guru SDN Krembangan II Gudo, Hanik, S.Pd.SD. yang berhasil meraih Juara I Guru Berprestasi tingkat Kabupaten Jombang Tahun 2021. Pengalamannya tatkala mengikuti pelbagi diklat hingga seminar di tingkat provinsi hingga nasional yang diadakan oleh Smart Learning and Character Center (SLCC) PGRI. Banyak membantunya, ketika menyusun Best Practise yang menjadi senjata andalan dalam persaingan menyabet predikat guru berprestasi.

Mengusung judul Peningkatan Kreativitas Life Skills Peserta Didik Kelas VI SDN Krembangan II Gudo Melalui Model Flipped Classroom Pada Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi Covid-19, perempuan berparas elok ini tak menemui kesulitan yang berarti. Terlebih ide penyusunannya pun berangkat dari pengalamannya selama melaksanakan pembelajaran bersama peserta didik Kelas VI SDN Krembangan II Gudo.

Pada intinya, metode pembelajaran yang saya kembangkan ialah mendekatkan peserta didik pada literasi digital, dimana pembiasaan penugasan dilakukan melalui video presentasi ataupun tes secara online dan begitupula penilaiannya.

“Adapun dalam penerapan Flipped Classroom ini menekankan pada pembelajaran campuran, dimana bahan ajar diberikan kepada peserta didik sehari sebelum dilangsungkan pembelajaran. Sehingga tatkala sudah di kelas, guru sebagai fasilitator bertugas untuk memantik pendiskusian serta mendalami materinya,” terang Hanik.

Baca Juga: Desa Banjardowo, Kecamatan Kabuh Swasembada Energi Melalui Biogas

Selanjutnya, Hanik menjelaskan perihal Life Skills bagi peserta didik yang merupakan pengejawentahan dari prinsip pembelajaran di era literasi digital yang didasari pada metode 4C. Yakni, Critical Thinking and Problem Solving (berfikir kritis dan menyelesaikan masalah), Creativity (kreativitas), Communication Skills (kemampuan berkomunikasi), dan Ability To Work Collaboratively (kemampuan untuk bekerjasama).

Hanik kembali menegaskan, “Pada intinya, metode pembelajaran yang saya kembangkan ialah mendekatkan peserta didik pada literasi digital, dimana pembiasaan penugasan dilakukan melalui video presentasi ataupun tes secara online dan begitupula penilaiannya. Namun semuanya memang membutuhkan proses, terutama untuk memahamkan wali peserta didik yang masih beranggapan negatif mengenai penggunaan gawai sebagai media pembelajaran. Oleh karenanya, komunikasi kepada wali peserta didik Kelas VI juga saya tekankan agar tercipta persamaan persepsi ihwal penggunaan gawai tersebut.”

Hanik saat membimbing peserta didiknya di Kelas VI, SDN Krembangan II Gudo. (Donny)

Bagi Hanik, prestasi yang diperolehnya saat ini menjadi sejarah baru dalam karir kependidikannya. Lantaran bertepatan dengan peringatan Hari Guru Nasional yang saban (25/11). Senyampang itu pula Hanik juga berpesan, sudah saatnya guru harus berani bertransformasi dalam mewujudkan pembelajaran yang esensial dan bermakna sesuai dengan perkembangan zamannya.

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Biodata Hanik

a. Tempat, Tanggal, Lahir : Kediri, 14 September 1984

b. Riwayat Pendidikan : 1. SMK Negeri 1 Jombang 2003

2. SI PGSD Universitas Terbuka Surabaya 2010

c. Tokoh Idola : Ki Hajar Dewantara

d. Hobi : Kuliner, Traveling, Menulis
Lebih baru Lebih lama