Penyampaian materi.

JAKARTA - Tidak hanya kualitas produk dan pelayanan, namun pemasaran juga menjadi salah satu faktor yang menentukan suksesnya penjualan. Selain itu, dalam pemasaran sendiri dibutuhkan upaya branding dan packaging yang saling mendukung. Melihat pentingnya kedua hal ini yang membuat Universitas Trilogi melakukan pelatihan terkait aktivasi merek dan pelabelan kemasan serta mengemas kemasan aktif.

"Agar produk-produk UMKM lebih bernilai jual, maka para pemilik usaha harus mulai memahami dan segera melakukan branding. Terutama pada produk-produk baru, produk yang belum dikenal banyak oleh masyarakat. Secara sederhana, tujuan dari branding ini adalah bagaimana membuat produk itu dibeli, dan kemudian terus dibeli," tutur Maulidian, salah satu pembicara pada kelas pelatihan ini.

Selanjutnya, dijelaskannya juga bahwa jika para pelaku UMKM ingin melakukan brand activation yang efektif. Maka, sebagai penjual kita harus melakukan berbagai riset terlebih dahulu. Tentunya riset yang dilakukan ini, menurutnya adalah riset yang berkaitan dengan kebutuhan ataupun sesuatu yang disukai para pelanggan.

"Mengapa riset itu penting, karena harapan kita sebagai pemilik usaha adalah agar brand kita semakin mudah dikenal dan relevan dengan konsumen, tentunya ini akan berdampak tidak hanya untuk jangka pendek, tetapi lebih dari itu dapat meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap produk yang dimiliki," jelas dosen Agribisnis Universitas Trilogi ini.

Dalam sesi kelas pelatihan ini, Maulidian juga menekankan bahwa di tengah kemajuan media dan teknologi seharusnya menjadi momentum bagi UMKM untuk lebih banyak menjangkau pelanggannya. Jadi, tidak hanya dengan proses tatap muka, tetapi juga dengan berbagai lini online.

"Saat ini, proses brand activation itu bisa dilakukan lebih mudah dan dengan jangkauan yang lebih banyak. Semua ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan jejaring digital, seperti sosial media contohnya. Bahkan dengan melakukan upaya branding melalui pola-pola digital, tidak hanya mendapatkan pelanggan baru karena luasnya jangkauan, tetapi kita juga bisa menekan biaya untuk branding ini," tambahnya.

Pelatihan yang juga dilakukan dalam rangka program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Trilogi ini khusus disampaikan kepada salah satu UMKM yang tergabung dalam Forum Komunikasi Desa Wisata Bali. Selain itu, kegiatan ini juga melibatkan para mahasiswa sebagai asisten dalam kelas-kelas pelatihan.
Lebih baru Lebih lama