Sekretaris Disdikbud Kabupaten Jombang, Jumadi, S.Pd., M.Si saat memberikan sambutan pada pembukaan Sapta Lomba di halaman SMP Darul Ulum I Peterongan. (Donny)


PETERONGAN – Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Swasta Se Kabupaten Jombang menyelenggarakan Sapta Lomba Tahun 2021 pada Sabtu (16/10) dibeberapa tempat seperti SMP Sunan Ampel, SMP Al-Ummah, dan SMP Muhammadiyah 1 Jombang. Secara keseluruhan, kegiatan ini diikuti oleh 496 peserta yang terdiri dari peserta didik kelas VII hingga IX.

Disampaikan oleh Ketua MKKS SMP Swasta Se Kabupaten Jombang, Mashudi, S.S, S.Pd. kegiatan Sapta Lomba merupakan pertama kali digelar tahun ini. Seolah haus akan kegiatan berkompetisi, banyak peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan yang melombakan MTQ, Tilawatil Quran, Tahfidz Quran, Cerdas Cermat Islam (CCI), Kaligrafi, Da’I Remaja, dan Al Banjari.

Sapta Lomba merupakan ajang dalam penyaluran bakat peserta didik sekaligus menjadi peta satuan pendidikan atas potensi yang dimiliki. Serta, pengembangan bakat minat usai kegiatan Sapta Lomba agar penguatan potensi peserta didik lebih komprehensif.

“Pemilihan jenis perlombaan yang ditandingkan merupakan hasil dari musyawarah di MKKS SMP Swasta Se Kabupaten Jombang. Mengingat pula banyak potensi yang tersebar di sejumlah SMP Swasta di Kota Santri ini,” jelas Mashudi.

Guna menjaga kualitas perlombaan dalam Sapta Lomba Tahun 2021 ini, panitia sengaja mengundang juri dari tenaga profesional yang telah cukup berpengalaman dibidangnya masing-masing. Dengan begitu, diharapkan persaingan antar peserta lebih kompetitif dan peserta pun mampu menunjukkan kebolehannya di setiap perlombaan.

Baca Juga: SMP Negeri 1 Sumobito Softball Mengantarkan Ukir Prestasi

Mashudi yang juga merupakan Kepala SMP Darul Ulum 1 Peterongan menuturkan, “Momentum ini sekaligus menjadi sebuah kesempatan manis bagi satuan pendidikan dalam memperkenalkan keunggulannya. Sehingga dalam penerimaan peserta didik baru nantinya, sudah sedikit terlihat gambaran dari kemampuan satuan pendidikan dalam membina bakat dan minat peserta didiknya.”

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Swasta Kabupaten Jombang, Mashudi, S.S., S.Pd. saat ditemui di ruang kerjanya. (Donny)

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, Jumadi, S.Pd., M.Si. yang turut hadir dalam membuka Sapta Lomba Tahun 2021 dalam benaknya pribadi maupun mewakili Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mengampu pendidikan, sangat mengapresiasi langkah MKKS SMP Swasta dalam menginisiasi kompetisi keagamaan ini. Menurutnya Sapta Lomba merupakan ajang dalam penyaluran bakat peserta didik sekaligus menjadi peta satuan pendidikan atas potensi yang dimiliki. Serta, pengembangan bakat minat usai kegiatan Sapta Lomba agar penguatan potensi peserta didik lebih komprehensif.

Mashudi saat memberikan piala pada jawara Sapta Lomba. (ist)

“Dampaknya sangat positif sekali baik secara pribadi peserta maupun kepada satuan pendidikan. Dinamika pembinaan di satuan pendidikan pada akhirnya semakin tampak jelas, hal ini nantinya dapat bermuara pada mutu pendidikan di Jombang kedepannya, baik secara kualitas dan kuantitas” terang Jumadi.

Reporter/Foto: Donny Darmawan/Istimewa

Lebih baru Lebih lama