Bimbingan kepada peserta didik yang akan mengikuti lomba OSN. (Ist)


BANDAR KEDUNGMULYO – Dibalik kebanggaan mengangkat tropi kejuaraan, ada proses panjang yang mengikutinya. Tentu tak semudah membalikkan telapak tangan, tetapi tahapan demi tahapan wajib dilalui agar mampu mencapai prestasi yang terbaik.

Perkuat dengan terus memperbarui modul dan soal latihan juga menjadi salah satu kunci agar kompetensi kita dapat bersaing dengan maksimal. Tak lupa juga untuk menjalin komunikasi dengan wali peserta didik untuk memberikan bekal nutrisi dan dukungan moral lebih kepada buah hatinya.

SDN Bandar Kedungmulyo II contohnya. Dalam keberhasilannya mendulang prestasi, selalu diawali dengan pencarian bibit unggul dari sekian banyak peserta didik yang ada. Oleh karena itu, seperti yang dijelaskan oleh Plt. Kepala SDN Bandar Kedungmulyo II, Nur Wachidatus Shilichah, S.Pd.SD. mengetahui bakat serta minat peserta didik adalah sebuah keharusan yang bersifat mutlak.

Baca Juga: Membongkar Aib Seks Bebas & Hedonisme Kaum Selebriti Mengulik Sisi Humanis Selebriti

“Beruntungnya di SDN Bandar Kedungmulyo II telah mewadahi peserta didik melalui pelbagai kegiatan di ekstrakurikuler selaiknya drumben, atletik, banjari, kesenian menggambar, dan Pramuka. Andaikan ada yang belum terwadahi, kami akan mendatangkan pelatih khusus untuk membimbing secara intens,” ungkap Nur Wachidatus Shilichah.

Plt. Kepala SDN Bandarkedungmulyo II, Nur Wachidatus Sholichah, S.Pd.Sd. (Rabithah)

Guru kelas V SDN Bandar Kedungmulyo II, Ratih Wulandari, S.Pd.SD, M.Pd. mengisahkan pengalamannya ketika membina peserta didiknya yang akan mengikuti lomba Kompetensi Sains Nasional (KSN) di tingkat kecamatan hingga kabupaten. Awalnya, ia mengadakan tes yang diikuti oleh seluruh peserta didik, hingga diperoleh hasil yang menunjukkan peta kemampuan peserta didik yang berpotensi meraih prestasi.

Jajaran guru SDN Bandar Kedungmulyo II. (Rabithah)

“Idealnya pembinaan lomba KSN dapat dilakukan selama enam bulan, tiga kali dalam satu minggu selama satu hingga dua jam menyesuaikan kebutuhan. Disamping penguatan secara keilmuan juga kita persiapkan mental peserta didik agar tidak gugup saat mengerjakan soal yang diujikan. Kemudian kita perkuat dengan terus memperbarui modul dan soal latihan juga menjadi salah satu kunci agar kompetensi kita dapat bersaing dengan maksimal. Tak lupa juga untuk menjalin komunikasi dengan wali peserta didik untuk memberikan bekal nutrisi dan dukungan moral lebih kepada buah hatinya,” ungkap guru yang didapuk sebagai pembina MIPA itu.

Guru mendampingi peserta didik mengikuti lomba. (Ist)

Nur Wachidatus Sholichah menambahkan bahwa pihaknya senantiasa berkoordinasi dengan Wilayah Kerja Pendidikan (Wilkerdik) Kecamatan Bandar Kedungmulyo dalam mempersiapkan peserta didik yang akan berlaga di tingkat kabupaten. Prestasi yang telah berhasil diraihpun juga tak sedikit, diantaranya adalah Juara I KSN IPA Kecamatan Bandar Kedungmulyo Tahun 2021, Juara II lomba melukis dan Gerak Jalan Putra Kecamatan Bandar Kedungmolyo Tahun 2017.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma/Istimewa
Lebih baru Lebih lama