Famiacelyna Niga Setiveny, S.Pd. (Rabithah)


BANDAR KEDUNGMULYO – Motivasi menjadi salah satu modal yang mutlak di perlukan guna menghadapi dunia yang penuh dengan persaingan. Seperti cerita dari Famiacelyna Niga Setiveny, S.Pd. yang berhasil menyabet Juara I Guru Berprestasi Jenjang TK Kabupaten Jombang Tahun 2021, semua itu tak lepas dari motivasi atau dorongan dari pihak sekitarnya.

Disela kesibukannya mengajar, Famiacelyna Niga Setiveny menceritakan bahwa awalnya tidak tertarik mengikuti lomba, lantaran malu tak percaya diri. Namun berkat dukungan keluarga, kepala sekolah, rekan sejawatnya mengajar, dan motivasi Pengawas Kecamatan Perak khususnya Emiyati, S.Pd., M.M. yang setiap ada perlombaan selalu mengatakan apabila ikut pasti menang. Barulah pada tahun 2018 memberanikan diri mengikuti Lomba Guru Berprestasi Tingkat Kabupaten Jombang dan berhasil meraih Juara Harapan I.

Perempuan yang akrab dipanggil Lina ini mengisahkan jikalau pada Lomba Guru Berprestasi Tahun 2021 ini mengambil salah satu video pembelajarannya terkait profesi dokter dan kesehatan. Lantaran pada saat itu isu pandemi Covid-19 masih santer dibicarakan. Melihat pengalaman beberapa anak didik yang mengalami ketakutan saat menemui dokter.

Membuat video pembalajaran tak lebih dari tujuh menit tersebut memakan waktu satu minggu dan proses mengedit selama satu hari. Sejak tahun 2018 sudah membuat lebih kurang 15 video pembelajaran terbagi menjadi beberapa tema.

“Setelah didapat tema dokter dan kesehatan, langkah selanjutnya yaitu memoles video tersebut agar menarik. Kala mengedit saya menggunakan telepon pintar dan juga komputer jinjing, bertumpu pada aplikasi Kine Master yang sejauh ini paling saya kuasai. Selanjutnya selama tiga hari menyiapkan Power Point Teks berisi 20 slide presentasi lomba,” ungkap Guru Kelas B, TK Dharma Wanita Bandar Kedungmulyo ini.

Famiacelyna Niga Setiveny mengatakan bahwa membuat video pembalajaran tak lebih dari tujuh menit tersebut memakan waktu satu minggu dan proses mengedit selama satu hari. Sejak tahun 2018 sudah membuat lebih kurang 15 video pembelajaran terbagi menjadi beberapa tema.

Baca Juga: Sesuci Nagari Nguras Sendang Made Menjaga Cagar Budaya Melalui Akar Tradisi

Perempuan yang telah berkiprah sebagai guru sejak 14 tahun terakhir ini menuturkan, “Pembelajaran video sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar anak didik, terlebih masa pandemi Covid-19. Sebelum menggunakan video tingkat keberhasilan mengerjakan tugas tak sampai 50%. Namun setelah menggunakan media ini naik hingga 90% dan membuat anak didik hingga wali anak didik merasa terbantu dalam menangkap setiap materi.

Ditanya terkait hambatannya membuat video, diakuinya merasa kesulitan menentukan narasi yang singkat namun mudah dipahami anak didiknya. Saat ini sedang belajar membuat karakter kartun yang akan dijadikan tokoh dalam setiap videonya. Selain itu, untuk menerapkan video pembelajaran ini terkendala belum memiliki alat proyektor, selama ini hanya menggunakan komputer jinjing atau telepon pintar saja, ungkap Famiacelyna Niga Setiveny seraya tersenyum manis.

Kepala sekolah TK Dharma Wanita Bandar Kedungmulyo, Minarsih, S.Pd. memungkasi bahwa Famiacelyna Niga Setiveny termasuk guru yang aktif mengikuti pelbagai pelatihan baik secara virtual maupun langsung. Memiliki kemauan untuk terus menempa kecintaannya terhadap teknologi, hingga didapuk menjadi operator sekolah dan sekretaris operator TK Kecamatan Bandar Kedungmulyo.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

Lebih baru Lebih lama