Suasana penyerahan trofi Juara Harapan untuk inovasi Smart Desa tingkat Provinsi Jawa Timur di tahun 2019. (ist)


MEGALUH –
Memberikan pelayanan publik yang cepat tanpa bertele-tele merupakan harapan yang selalu digaungkan Presiden RI, Joko Widodo dalam setiap kesempatan dengan semboyannya Reformasi Mental. Sehingga memangkas banyaknya tahapan yang harus ditempuh masyarakat dahulu ketika akan mengurus pelbagai keperluan khususnya administrasi pemerintahan.

Aplikasi Smart Sidomulyo merupakan langkah pasti yang digagas oleh desa di bagian Timur Kecamatan Megaluh tersebut dalam mendukung percepatan pelayanan publik. Sehingga segala bentuk pelayanan persuratan utamaya dapat dilangsungkan secara online. Tak mengharuskan masyarakat datang langsung ke Kantor Desa Sidomulyo.

Disampaikan Kepala Desa Sidomulyo, Sunyoto bahwa digitalisasi persuratan melalui aplikasi Smart Sidomulyo dimaksudkan mempermudah masyarakat yang berada jauh dari kantor desa tetap bisa menjangkau. Misalkan saja sedang bekerja di luar kota, tak usah repot tinggal mengakses aplikasi selanjutnya kebutuhan administrasinya terlayani.

Tidak semua masyarakat menerima dengan baik kehadiran Smart Sidomulyo, dikarenakan sudah terbiasa melakukan pengurusan administrasi secara langsung. Namun tetap harus disikapi dengan bijak, sehingga keseluruhan masyarakat dapat terlayani.

“Awalnya lahir dari diskusi pendamping dan jajaran Pemerintah Desa Sidomulyo pada 2019 silam. Kemudian dikebangkan dengan pendanaan murni sepenuhnya dari keuangan desa. Alhasil pernah menyabet Juara Harapan I Tingkat Jawa Timur pada Kompetisi Inovasi Desa,” jelas Sunyoto.

Kepala Urusan Perencanaan Desa Sidomulyo, Arsen Triade Maulana mengatakan Smart Sidomulyo berbeda dengan sejumlah aplikasi serupa di wilayah lain. Hal itu dilihat dari server yang digunakan adalah mandiri bertalian dengan Hosting.

Baca Juga: Rapor Pelayanan Publik Baik Masih Harus Disempurnakan

Arsen Triade Maulana meruntut, “Server menyimpan keseluruhan data yang tidak bisa dipakai oleh desa lainnya. Kemudian guna mengakses masyarakat harus login menggunakan Nomor Induk Kependudukan. Pilihan menu yang disediakan pun masih sebatas kebutuhan masyarakat dalam persuratan.”

Diakui Sunyoto bahwa tidak semua masyarakat menerima dengan baik kehadiran Smart Sidomulyo, dikarenakan sudah terbiasa melakukan pengurusan administrasi secara langsung. Namun tetap harus disikapi dengan bijak, sehingga keseluruhan masyarakat dapat terlayani. Baik yang dekat maupun jauh sekalipun tetap memperoleh pelayanan prima dari Desa Sidomulyo.

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Lebih baru Lebih lama