Diskusi antara pembina dan peserta didik dalam mengembangkan aplikasi Code Bot. (Rabithah)


JOMBANG – Pembelajaran peserta didik tak hanya berhenti di bangku kelas saja. Melainkan bisa dikembangkan diberagam hal yang dapat menjadi buah karya membanggakan.

SMK TI Annajiyah Jombang misalnya, terus mendorong kapasitas peserta didiknya agar tak sebatas mampu menyelesaikan pembelajaran secara akademis. Melainkan pelbagai kapasitas yang dimiliki peserta didik, senantiasa diwadahi agar tertampung dengan baik dan akhirnya melahirkan banyak inovasi. Selaiknya yang baru ini di launching yakni aplikasi Code Bot.

Kepala SMK TI Annajiyah Jombang, Nadhroh Jauharoh, S.Pd., M.AP. mengakui keberhasilan yang dicapai peserta didiknya merupakan kebanggaan serta patut disyukuri. Ini membuktikan makna pembelajaran yang sebenarnya, artinya peserta didik mampu mengaktualisasikan dengan maksimal materi yang telah diberikan oleh gurunya. Sehingga terlahirnya aplikasi Code Bot yang berbasis permainan namun sebenarnya membantu para pemula memahami logika sederhana pemrograman seperti Coding.

Membuat aplikasi Code Bot sangat seru dan penuh kejutan, seperti meramu konsep permainan ini tentunya memiliki proses yang panjang.

“Sarana prasarana kita tunjang sebaik mungkin. Misalnya terdapat laboratorium komputer secara khusus bagi tim pengembang aplikasi di satuan pendidikan. Harapannya peserta didik mampu lebih fokus dan tak terganggu satu dengan lainnya. Tak ketinggalan mendatangkan ahli dalam bidangnya guna mendampingi peserta didik ketika melakukan praktik pengembangan aplikasi yang dibuat,” papar perempuan yang aktif di Komunitas Guru Belajar Nusantara itu.

Baca Juga: Program Organisasi Penggerak Candradimuka Kelompok Belajar

Pembina Pengembang Aplikasi SMK TI Annajiyah Jombang, Moch. Rizki Agil Backtiar menguraikan ini merupakan aplikasi kedua yang telah dihadirkan oleh peserta didik. Masyarakat dengan mudah mendapatkan di Play Store karena siapa pun dapat menggunakannya baik yang masih duduk di SD sekali pun.

Lebih lanjut Moch. Rizki Agil Backtiar mengisahkan aplikasi Code Bot terinspiasi dari permainan Lightbot Code Hour besutan perusahan rintisan Spritebox LCC. Kemudian diadopsi dengan versi lebih sederhana dan menggunakan karakter maskot SMK TI Annajiyah Jombang, Robot Neji sebagai tokoh utamanya. Dibantu juga oleh perusahaan Startup Solite Studio Madura yang merupakan milik alumni.

Kepala SMK TI Annajiyah, Nadhroh Jauharoh, S.Pd., M.AP. (Rabithah)

Salah satu peserta didik yang turut dalam Pengembang Aplikasi Code Bot, Ikhwan Nadhirus Shodiq mengaku bahwa kecintaannya terhadap game dapat tersalurkan dengan baik. Sangking asyiknya mengonsep aplikasi bersama tim tak jarang harus berjibaku dengan waktu menyesuaikan tugas dan agenda di pondok pesantren.

Sambil tersenyum Ikhwan Nadhirus Shodiq mengatakan, “Membuat aplikasi Code Bot sangat seru dan penuh kejutan, seperti meramu konsep permainan ini tentunya memiliki proses yang panjang. Misalnya dalam menentukan suara, musik, warna, pemilihan aset gambar, dan animasi. Tak jarang pula mengalami kegagalan program dan harus memulai kembali dari awal.”

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

Lebih baru Lebih lama