Salah satu peserta menunjukkan video karyanya yang sudah di unggah di Youtube. (Donny)


JOMBANG – Persaingan dalam dunia pendidikan khususnya antar satuan pendidikan sekarang ini, menuntut segala media harus digunakan dalam mengenalkan keberadaan satuan pendidikannya. Salah satunya adalah melalui video profil satuan pendidikan. Selain tertera visi dan misi yang diusung, pastinya ada pula sarana prasarana penunjang ditambah dengan bermacam kompetensi keahlian yang meliputinya.

Itulah yang lantas mendorong Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Swasta untuk menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembuatan Video Profil Satuan Pendidikan pada Rabu (15/12), bertempat di Aula SMP Ibnu Sina Jombang. Dijelaskan oleh Sekretaris MKKS SMP Swasta Kabupaten Jombang, Alfian Rohman Rosyid, M.Pd. kegiatan Bimtek yang diikuti 42 peserta terdiri dari perwakilan guru, operator, dan proktor SMP Swasta Se Kabupaten Jombang dan dua pemateri yang berkompeten di bidang multimedia, tujuannya memberikan pengetahuan baru mengenai pembuatan video profil satuan pendidikan.

Bentuk video profil tidak harus diawali dari menampilkan infrastruktur satuan pendidikan, melainkan banyak sisi-sisi lainnya yang mesti menjadi awalan, semisal prestasi atau metode pembelajaran.

“Selain itu juga dapat mendongkrak posisi tawar SMP Swasta di masyarakat. Langkah ini cukup penting, mengingat pada tahun lalu, Peneriman Peserta Didik Baru di lingkup SMP Swasta masih lemah. Melalui Bimtek ini kami harapkan para peserta dapat mengejawentahkannya dalam rupa video profil satuan pendidikan yang kreatif dan mampu menampilkan segala potensi yang ada,” ujar Alfian Rohman Rosyid.

Baca Juga: Syaifulloh Pewaris Pencak Silat Tradisional Garuda Putih

Dipaparkan oleh narasumber pertama, Muhammad Amirul Rahmadani, S.Kom., M.Pd. terdapat beberapa hal yang mesti diperhatikan tatkala hendak memulai membuat video profil satuan pendidikan agar hasilnya benar-benar maksimal. Pertama sebelum membuat video profil sekolah, harus membentuk tim yang terdiri dari kameramen, pengisi suara dan pengarah gaya. Kedua, ialah story board atau konsep video. Ketiga, yaitu audio visual harus seimbang.

Suasana Bimtek Pembuatan Video Profil Sekolah. (Donny)

Muhammad Amirul Rahmadani menguraikan, “Pada konsep ini harus menonjolkan keunggulan satuan pendidikan dan tidak perlu memakan durasi cukup lama, maksimal lima menit. Teknik pengambilan gambar dan video harus menemukan posisi yang tepat. Kemudian kualitas suara harus seimbang dan tidak boleh bocor oleh suara keramaian. Jika ketiga ini sudah mampu dipraktikkan secara tepat, maka perlu dikembangkan secara serius dan keberlanjutan.”

Sekretaris MKKS SMP Swasta Kabupaten Jombang, Alfian Rohman Rosyid, M.Pd. (Donny)

Narasumber kedua, Bagong Dwi Pratikno menuturkan yang juga menjadi Operator SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang, bahwa selain teknis audio visual. Bentuk video profil tidak harus diawali dari menampilkan infrastruktur satuan pendidikan, melainkan banyak sisi-sisi lainnya yang mesti menjadi awalan, semisal prestasi atau metode pembelajaran. Setiap satuan pendidikan mesti memiliki sisi-sisi keunikan dan keunggulan yang khusus.

Narasumber Bimtek Pembuatan Video Profil Sekolah, Muhammad Amirul Rahmadani, S.Kom., M.Pd..(Donny)

“Sehingga ini bisa di eksplorasi untuk memvariasi isi dari video profil sekolah. Sekaligus lebih menarik disimak masyarakat luas, demi mengenalkan eksistensi SMP Swasta di Kabupaten Jombang,” tutup Bagong Dwi Pratikno.

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Lebih baru Lebih lama